IMIGRASI


IMIGRASI

          Imigrasi bisa disebut juga dengan penyebaran penduduk yaitu pergerakan manusia masuk suatu negara dengan melewati batas negara baik untuk tujuan tinggal maupun menetap. Definisi keimigrasian menurut Undang Undang no. 6 tahun 2011 adalah halihwal lalu lintas orang yang masuk dan keluar wilayah Republik Indonesia dan pengawasanorang asing di wilayah negara Republik Indonesia.

 

Kalau kita akan bepergian keluar negeri, maupun orang asing yang memasuki wilayah republik indonesia, di setiap bandara pasti selalu ada pemeriksaan imigrasi yang diperiksa oleh petugas imigrasi di bandara tersebut. Tugas petugas imigrasi adalah mengatur lalu lintas orang, pengawasan orang asing, dan penindakan.

 

Pelayanan yang diberikan oleh petugas imigrasi adalah menerbitkan dokumen perjalanan, memberikan visa, memberikan izin tinggal, menentukan status keimigrasian, menerbitkan SKIM, memberikan affidavit. Jika ada orang asing yang melanggar peraturan, maka petugas imigrasi akan menangkap, menggeledah, mengintrogasi, membatasi, membatalkan ijin, mendetensi, bahkan mendeportasi dari wilayah Republik Indonesia.

 

Fungsi imigrasi adalah melindungi kepentingan bangsa dan negara, memfasilitasi hak dan kewajiban. Tujuannya diadakannya pemeriksaan imigrasi adalah agar kita mengetahui dari mana kita berasal dan kemana kita tujuan perginya dengan memberi biodata yang lengkap.

Petugas imigrasi selalu mengawasi orang asing yaitu dengan keberadaannya, tujuannya datang ke wilayah republik indonesia, kegiatan yang dilakukannya oleh orang asing tersebut, dan perubahan status keimigrasian. Adapun beberapa penindakan yang dilakukan oleh petugas imigrasi apabila orang asing melakukan kesalahan atau melanggar peraturan yaitu administrasi dengan dikenakan biaya denda dan projustisia yaitu dengan tindakan hukum.

 

Nama : Stephanie Julia Putri

NIM 224109028

KELAS D

(maaf bapak terlambat krn wordpressnya page load erorr terus mksh🙂 )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: