MENINGKATKAN MUTU pelayanan dalam PENERBANGAN


Nama  :  Sari Pratiwi

NIM     :  2241.08.213

Kelas   :  S1 MTU / Y

Tugas  : GH2

 

 

MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN, KESELAMATAN, KEAMANAN TERHADAP KONSUMEN DI DALAM DUNIA PENERBAANGAN.

Faktor keselamatan merupakan syarat utama bagi dunia penerbangan, disamping faktor kecepaatan dan kenyamanaa, namun rupanya akhir-akhir ini faktor-faktor tersebut kurang mendapat perhatian,baik dari pemerintah, perusahaan penerbangan maupun masyarakat pengguna jasa angkutan sendiri. Sedangkan regulasi yang tidak jelasnya yaitu kurangnya pengawasan dan lemahnya penegakan hukum menyebabkan banyak pesawatyang secara teknis tidak layak memperoleh izin untuk terbang. Disamping itu juga penyediaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana penerbangan kurang mendapatkan perhatian yang serius. Apabila pengawasan dan penegakan hukum dilaksanakan secara sungguh-sungguh mungkin tidak perlu ada pengumuman secara terbuka tentang daftar perusahaan penerbangan yang tidak memenuhi syarat, ibaratnya “ membuka aib sendiri “. Akaan lebih baaik bilaa kepaadaa perusahaan yang tetap keras kepala saja meski telah diakukan berbagai usaha untukk memperbaikinya.

Seain faktor yaang diatas, persaaingaan dalam dunia penerbangan pun menjadi sangat ketat dan menjurus kearah tidak sehat. Salah satu contohnya yaitu dengan perang tarif untuk menarik penumpang sebanyak-banyaknya untuk mengimbangi keuntungan yang minim maka dilakukan efisiensi tersebut langsung atau tidaak langsung berkaitan dengan masalah keselamatan, disaamping dengan cara menurunkaan mutu pelayanan kepaada penumpang, misallnya ; makan, minum, kenyamanan. Sayangnya para pengguna jasa angkutan sendiri sering tidak kooperatif betapaa pentingnyaa sikap kita dalam menjaga keselamatan. Konsumen sangat menyukai penerbangan murah, mungkin hal ini berkaitan dengan daya beli masyarakat yang masih lemah. Meskipun tahu, kualitas keamanan dan keselamatan, ketetapan jadwal, pelayanan, dan kenyamanan sangat rendah, tidak ada pembelajaran dari konsumen, padahal ini sangat penting agar maskapai memperbaiki kinerjanya.

Dan faktor keselamatan haarus diprioritaskan, baik oleh pemerintah misalnya ; menyempurnakan regulasi, pengawasan, penegakan hukum, maupun oleh maskapai penerbangan. Kelalaian dalam hal ini berdampak sangat merugikan, apakah bagi para pengguna jasa angkutan maupun bagi citra maskapai yang bersangkutan. Faktor kecepatan juga merupakan salah satu alasan penerbangan lebih diminati oleh para konsumen. Karena itu maskapai harus menguraangi sering terjadinya keterlambatan dalam jadwal terbang, kita semua tahu dan merasakan bagaimana buruknya pelayanan maskapai penerbangan kita kepadaa penumpang didalam pesawat dari mulai cara melayani penumpang sampai pada masalah sungguh sangat mempriatinkan atau memperhatikan.

Maka dari itu sudah waktunya lembaga konsumen memonitor proses penyediaan penerbangan salah satu aspeknya adalah melakukan safety dan security audit diperusahaan penerbangan untuk menjamin keselamatan dan keamaanan  penerbangaan. Dalam dunia penerbangaan kecelakaan didunia tranportasi udara tentu disebabkan beberapa faktor dan sangat bisa dikurangi penyebab kecelakaan. Biasanya bukan diakibatkan oleh satu faktor tetapi beberapa faktor yaitu kurangnya pelatihan bagi operation personel, alat-alat bantu operasi yang sudah tidak layak dipakai dan aturan yang dilanggar, kondisi lingkungan kerja, kaaryawan melakukan kesalahaan dan pelanggaraan ataau melaanggar proedur yaang aada. Dengan adanya safety dan security dalam menyusun program kerja agar mendapatkan biaya yang efisien. Tentu hal ini akan menggembirakan buat konsumen penerbangan atau penumpang karena mereka akaan lebih terjaamin keselamaTan dan keamanannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: