Mengapa pesawat menggunakan alat bantu push back car pada saat mundur di darat?


NAMA            : Devi KusumaWardani

NIM                 : 224109098

KELAS           : ZU 09

Menurut pendapat nara sumber, Andi Wiratmoko sebagai Engineer maskapai penerbangan Lion Air. Mengapa pesawat menggunakan alat bantu push back car pada saat mundur di darat?

Karena sewaktu pesawat berada di darat, pesawat pun bergerak dengan menggunakan mesin yang sama seperti mesin yang digunakan untuk terbang. Mesin pesawat hanya bias mendorong maju. Dan pesawat telah dirancang dengan tidak ada penggerak khusus pada roda pesawat. Maka dari itu untuk pergerakkan pesawat di darat, pesawat hanya bias bergerak maju. Gaya dorong maju pesawat disebut Thrust. Sedangkan untuk diputar ke belakang disebut Thrust Reverse, kegunaan Thrust Reverse adalah untuk mengerem setelah pesawat landing. Sistem thrust reverse pada pesawat ada yang boleh dipakai untuk mundur, namun untuk penggunaannya dibatasi. Tapi sebagian besar thrust reverse tidak boleh dipakai mundur karena akan mengakibatkan kerusakan pada pesawat tersebut. Maka dari itu pada saat mundur, akan lebih memudahkan pesawat dengan menggunakan bantuan mobil pendorong yang disebut dengan push back car.

Menurut saya,memang bukan kapasitas dan kemampuan pesawat untuk dapat bergerak di darat. Secara fisik dapat dilihat, bentuk pesawat yang besar memakan tempat untuk dapat melakukan pergerakkan didarat. Dan mesin pada pesawat menggunakan mesin jet yang sangat jarang untuk mundur sebab mesin pada pesawat difungsikan sebagai pendorong kedepan. Maka dari itu, bantuan push back car sangat dibutuhkan apabila pesawat hendak keluar daerah dari area parking stand. Info yang saya dapat; Salah satu contohnya untuk pesawat dengan engine yang rendah seperti B737, kalau thrust reversenya dipakai untuk mundur dengan kecepatan rendah, dapat meniup kotoran/batu masuk kemesin. Dan hal ini akan mengakibatkan kerusakan pada mesin pesawat terbang itu sendiri. Ada juga pesawat seperti Fokker F100 yang memperbolehkan mundur dengan reverser tapi dengan catatan, bahwa penggunaan thrust reverse untuk mundur yang terlalu sering akan berdampak mempengaruhi/mengurangi kekuatan bagian ekor pesawat sebab mesin ada di ekor pesawat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: