Pramugari Militer dan Pramugari Sipil, Apa Bedanya ?


Nama             : Nadya Sartika

NIM                 : 224109183

Kelas              : ZU 09

Pramugari sipil dan pramugari militer tidak jauh berbeda, tugasnya pun sama-sama melayani penumpang pesawat. Hanya saja pramugari militer khusus untuk melayani pejabat-pejabat militer yang terbang menggunakan pesawat VIP dan VVIP militer milik negara.

Karena adanya peraturan bahwa pesawat VIP dan VVIP militer hanya boleh diawaki oleh kalangan militer saja maka dibentuklah pramugari militer, peraturan tersebut dibuat dengan alasan untuk menjaga keamanan pesawat terbang militer yang mengangkut pejabat-pejabat militer. Pramugari militer itu sendiri adalah Wanita Angkatan Udara yang terpilih untuk menjadi pramugari militer, pemilihannya dilaksanakan 4 tahun sekali.

Cara pramugari militer melayani penumpang  tidak jauh berbeda dengan pramugari sipil. Pramugari militer harus sopan dan ramah dalam melayani penumpang pesawat, namun tidak meninggalkan sisi kemiliterannya. Contohnya dalam menawarkan minum kepada para pejabat, mereka mengatakan “Selamat siang bapak, mohon ijin, berkenan menambah minum?”.

Untuk pelatihannya, TNI AU bekerja sama dengan Garuda Indonesia, setelah itu dilanjutkan dengan ground school di Skuadron Udara 17. Di Garuda Indonesia para pramugari militer mendapatkan pelatihan untuk melayani penumpang secara ramah dan sopan, sedangkan pelatihan di Skuadron Udara 17 lebih fokus pada pelatihan militer. Pelatihan ini memakan waktu 3 bulan lamanya.

Begitulah hasil dari wawancara yang saya lakukakan dengan Serda Riana Yaumil Azmi,  Pramugari Militer.

Menurut saya, adanya pramugari militer dapat mengefisienkan sumber daya manusia dari kalangan militer dan juga dapat membuktikan bahwa wanita militer tidak selalu  berkesan keras dan kaku, tapi wanita militer juga dapat berlaku halus dan fleksibel.  Namun, adanya peraturan bahwa pesawat militer hanya boleh diawaki oleh kalangan militer karena alasan keselamatan, agak menunjukkan sisi eksklusif dari dunia militer, namun peraturan yang telah dibuat harus tetap dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: