GROUND HANDLING SECARA UMUM


Nama  : Zulfiekar Anggorieo Pasambuna

NIM    : 2241.08.225

Kelas   : M (S1 MTU)

Tugas  : 4

 

Perusahaan Airport Services atau biasa disebut Ground Handling adalah salah satu unit ekstern terkait yang secara langsung berhubungan dengan perusahaan penerbangan maupun konsumen perusahaan penerbangan untuk menunjang kelancaran jasa perusahaan penerbangan tersebut.

Aktivitas Ground Handling itu sendiri dilakukan pada saat Pre-Flight Services (pelayanan sebelum penerbangan), dan Post-Flight Services (pelayanan setelah penerbangan), selain itu In-Transit Services juga menjadi tanggung jawab perusahaan Ground handling, In-Transit services menjadi Post-Flight bagi penumpang yang datang dan menjadi Pre-Flight bagi penumpang yang akan berangkat, bagaimana dengan In-Flight Services (pelayanan selama penerbangan)? In-Flight Services dilakukan oleh awak pesawat yang biasa disebut “Air Crew”, perusahaan Ground Handling hanya mendistribusikan alat-alat yang diperlukan

Di Indonesia sampai dengan tahun ini ada dua perusahaan besar yang khusus bergerak di bidang Ground Handling atau airport Services yaitu : PT. GAPURA ANGKASA dan PT. JASA ANGKASA SEMESTA (JAS), selain itu adapula beberapa perusahaan yang baru berkembang dan akan beroperasi seperti BMS, kemudian PT. Air Ground Handling, sedangkan di luar negeri ada beberapa perusahaan besar seperti :CIAS (Changi International Airport Services) di Singapore, TGAS (The Airport Ground Services Company) di Thailand, HAVAS Ground handling Co. di Turkey, SEAT di Mexico, LAUFER Aviation di Israel, ACCIONA Airport Services di Spanyol, KLAS (Kuala Lumpur Airport Services) di Kuala Lumpur Malaysia, NOVIA di Scandinavia, DAHACO (Dar Es Salam Airport Handling Company) di Tanzania, DNATA di Dubai, UNASCO (United Aircraft Servicing Company Ltd) di Saudi Arabia, dan lain-lain, seluruh perusahaan Ground Handling ini tergabung dalam IGHC (IATA Ground Handling Council) yaitu suatu asosiasi antara perusahaan Ground Handling dunia yang menjadi anggota IATA.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan perusahaan Ground Handling ?

Ground Handling adalah suatu kegiatan pelayanan atau pemberian jasa lanjutan dari suatu rangkaian kegiatan penjualan jasa yang dilakukan oleh suatu perusahaan penerbangan atau dengan kata lain : suatu usaha penunjang penerbangan yang aktivitas pelayanan jasanya dilakukan di Airport pada saat pre-flight dan post-flight.

Orientasi Jasa Ground Handling :

  1. Safety (keselamatan)
  2. Reliability (kendala)
  3. On time Performance (tepat waktu)
  4. Customer Satisfaction (kepuasan pelanggan).

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: