Pungli di terminal 2 Bandara Soeta


Nama   : Fifi Susanti

Nim      : 2241.09.320

Kelas   : S1 MTU D

 

Ada pungli di terminal 2 Bandara Soekarno Hatta !!

Bukan rahasia umum di terminal 2 kepulangan bandara Soekarno-Hatta (Soeta), Tangerang Banten dapat kita temui praktek pungli meski terkesan sembunyi-sembunyi namun budaya semacam ini sudah mengakar.

Keberadaan aparat keamanan pun tidak bisa mencegah aksi tersebut bahkan ada yang memanfaatkan serta melegalkan pungli tersebut. Tak hayal terminal 2 yang nota benenya menjadi terminal exclusive berubah menjadi seperti pasar. Bahkan kepulangan juga bisa di urus oleh salah satu orang dalam bandara dengan membayar 800 ribu. Keberadaan pihak keamanan antara lain oknum imigrasi, security bandara, dan oknum aparat kepolisian, turut melegalkan praktik kotor tesebut, permainan mereka juga rapi, bahkan terkoordinasi.

Selama ini pemulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dijadikan sasaran empuk oleh oknum-oknum bandara Soeta, TKI yang seharusnya turun di terminal 3 bisa dikeluarkan lewat terminal 2 melalui “pintu samping” untuk melewati pengecekan surat paspor/visa mereka dibawa oleh orang yang biasa di sebut “handel”, dengan cukup memberikan uang antara 500 ribu – 1juta per orang.

Pihak BNP2TKI yang menyediakan angkutan di terminal 3 terlihat mangkrak, hal ini dinilai karena banyak TKI yang dijemput oleh keluargannya, daripada naik mobil khusus yang disediakan “gratis”, hal ini juga sangat beralasan karena angkutan tersebut juga tak luput dari aksi pungli.

Bukan sampai di situ saja penderitaan para TKI, setelah keluar dari pintu terminal kedatangan mereka masih menjadi incaran oknum petugas kepolisian bandara yang turut serta menangkap mobil pengangkut/penjemput dengan alasan para TKI keluar tanpa prosedur yang benar.

Carut marut permasalahan TKI menjadi polemik yang tak berkesudahan, para pahlawan devisa Negara tersebut hanya bisa pasrah, karena mereka tidak tahu penerapan prosedur kepulangan, pada intinya mereka hanya ingin bisa bertemu keluarganya segera.

Meski kerap kali diadakan sidak oleh pihak imigrasi dan BNP2TKI namun pungli tetap saja merebak.

Satu Balasan ke Pungli di terminal 2 Bandara Soeta

  1. yisha mengatakan:

    ah,…tentu saja ada….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: