Salah Siapa ?? Mobil Penarik Pesawat Menabrak Sebuah Pesawat


Nama     : Fauziah  Maulida

NIM        : 2241.09.149

Kelas      : S1 MTU D

Tugas     :  4

 

Insiden yang berlangsung ketika pesawat tengah melakukan persiapan penerbangan. Ketika tow bar (besi pendorong) sedang dalam proses pemasangan oleh petugas ground handling, mobil penarik itu terus melaju, sehingga menabrak lambung pesawat.

Akibat kejadian itu,roda depan pesawat bernomor registrasi PK-GWO itu berputar 90 derajat. Sedangkan lambung depan pesawat yang berada persis di bawah kokpit robek. Satu petugas ground handling PT Gapura Angkasa yang tengah bertugas terluka akibat terkena serpihan tow bar.

insiden terjadi saat proses boarding pass. Saat pesawat ditabrak,di dalam pesawat baru itu ada seorang pilot, dan enam awak kabin. Sedangkan 111 penumpang yang akan ke Pangkal Pinang tetap terbang sesuai dengan jadwal.Pihak yang mempunyai masalah akan mengganti rugi atas kejadian yang memperlamban waktu penumpang yang akan melakukan berpergian dengan pesawat cadangan lainnya,serta memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Dalam kejadian penabrakan tersebut di perkirakan pihaknya belum menghitung kerugian akibat insiden ini. Maka dari itu pihak yang bersangkutan dalam penanganan kerugian masih fokus terhadap  penanganan pesawat yang ditabrak . Namun kerugian Maskapai Penerbangan tersebut yang paling spesifiknya adalah terganggunya pelayanan penerbangan ke Pangkal Pinang.Itupun harus mengganti pesawat lain dengan pesawat cadangan yang dapat menggantikan pesawat yang terkena tabrakan oleh mobil penarik pesawat.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubung-an langsung melakukan investigasi atas insiden ini. Selama masa investigasi, lisensi pengendara mobil penarik pesawat dicabut sementara.Tidak diperbolehkan dulu menyupir dan SIM bisa ditarik dulu,Hingga pada saat insiden tersebut belum diketahui penyebabnya.Bisa jadi human error atau permasalahan ground handling.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: