CHECK-IN TERGANNGGU SEMUA JADI BERANTAKAN !


NAMA           : ASRI OKTAVIANA

NIM                : 224109019

KELAS          : D

Menurut Standard Operating Procedure Gapura Angkasa check in counter adalah ”suatu tempat di bandar udara untuk mendaftar sebelum penumpang naik ke pesawat.” Lebih jelasnya pelayanan check in adalah tempat mendaftarkan dan memastikan penumpang mendapat seat serta memeriksa syarat-syarat dan kondisi penumpang sebelum melakukan penerbangan, memeriksa baggage penumpang agar sesuai dengan waktu, nomor penerbangan dan tujuan.

Dengan ini saya akan mengangkat kasus trouble check-in di Bandara Soekarno Hatta yang timbul karna gangguan teknis jaringan komunikasi dari PT TELKOM,Tbk. Pada Senin (10/2011) sejak pukul 01.30 dini hari Sistem online Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta terganggu dan pukul 16.40 WIB baru normal kembali. Proses check in dan boarding dilakukan secara manual sehingga terjadi keterlambatan penerbangan. Kejadian ini  menyebabkan penumpukan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta dan penundaan penerbangan sebanyak 30 penerbangan dalam dan luar negeri dengan rata-rata hamper satu jam.

Sebagai Bandara Internasional seharusnya manajemen Soetta sudah memperkirakan segala kemungkinan masalah yang akan terjadi sehingga sudah memiliki cara dalam menangani masalah tersebut, apalagi gangguan seperti tidak hanya sekali terjadinya. Karena check-in counter merupakan salah satu bagian yang vital dalam melakukan penerbangan seharusnya pihak manajemen bandara sudah menyiapkan system cadangan atau back-up apabila system utamanya terjadi masalah.

Bukannya malah menyalahkan pihak PT TELKOM, Tbk. Atau pihak-pihak yang terkait apabila terjadi masalah dan tidak meminta maaf pada konsumen yang merasa sangat dirugikan, karena yang konsumen tau itu adalah kesalahan pihak bandara dan bukan kesalahan pihak Telkom. Pihak bandara juga tidak memberikan informasi apakah penumpang akan mendapat kompensasi akibat keterlambatan pesawat.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: