RISIKO FAKTOR CUACA PADA PENERBANGAN


NAMA            :          ZAINUDIN PUJI HARTANTO

NIM                :          223109052

KELAS           :          D3 MTU A 09

Telah diakui bahwa sampai saat ini transportasi melalui udara merupakan transportasi yang paling cepat dan telah banyak kemajuan dalam perkembangan model pesawat, pemakaian instrumen elektronik modern. Setiap pabrik pesawat terbang mulai berloma-lomba untuk menciptakan alat baru demi keselamatan dan kenikmatan para penumpangnya, namun faktor cuaca masih turut menentukan efisiensi, kenyamanan, dan keamanan penerbangan.

Jika kabut tebal, badai, atau cuaca buruk dijumpai di laut atau di darat, masalahnya tidak begitu serius dibandingkan jika terjadi di udara. Pengemudi kapal dapat mengatur kecepatan kapalnya atau dapat menurunkan jangkar sampai keadaan memungkinkan kembali untuk melanjutkan pelayarannya. Akan tetapi lain halnya dalam penerbangan, kondisi buruk dan berbahaya semacam ini merupakan masalah yang memerlukan perhatian serius.

Bisnis penerbangan merupakan bisnis yang high regulated, banyak aturan yang harus dipenuhi dan dijalankan oleh semua pihak yang terkait terutama pihak maskapai sebagai operator. Banyaknya regulasi jika tidak diimbangi dengan komitmen kuat untuk menerapkan dan menaatinya maka sudah pasti resiko besar harus diterima. Buruknya lagi, justru konsumen yang harusmenanggungnya.
Meski akibat peningkatan pengamanan ini telah mengurangi kenyamanan konsumen jasa transportasi penerbangan, umumnya perusahaan penerbangan tidak bisa berbuat banyak. Sebab peningkatan pengamanan ini adalah instruksi dari pemerintah masing-masing negara yang bersangkutan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: