Bagaimana Memaintenance Material Control di GMF?


Nama             : Rina Nur Wijayanti

Nim                 : 224109099

Kelas              : ZU09

Menurut Bapak Muhajirin yang bertugas sebagai material control di GMF, Beliau mengatakan bahwa ada 3 tingkatan komponen dalam sparepart / material  pesawat :

  1. Consumable: Sparepart yang sekali pakai dibuang. Contohnya : packing,                           filter, rivet, dll.
  2. Repairable            : Sparepart yang masih bias diperbaiki lagi. Contohnya : PCU (Power Control Unit), Heat Exchangger, dll.
  3. Rotable      : Sparepart yang mempunyai umur (life time) dan masih bisa diperbaiki. Contohnya : Oxygen Bottle, Wheel Assy, Engine Firext, dll.

Rotable material / sparepart itu dibagi menjadi 2 ;

  1. Uncodition    : Sparepart yang bisa diperbaiki bila rusak
  1. Life time         : Sparepart yang mempunyai batasan umur, walaupun masih bagus sparepart tersebut tetap harus di scraped (di buang).

Rotable material juga memiliki 2 kondisi yaitu :

  1. Go item           : Kerusakan material pesawat yang di beri dispensasi masih dapat terbang akan tetapi diberi batasan waktu. Dikarenakan tidak membahayakan penerbangan dalam waktu singkat atau masih terdapat backupnya.
  2. No go item     : Kerusakan material pesawat yang sudah tidak dapat diberi dispensasi lagi. Dikarenakan dapat membahayakan keselamatan penerbangan.

Apabila Rotable material rusak maka di inspect apakah masih dapat di perbaiki atau di scraped. Jikalau masih dapat diperbaiki material tersebut akan dikirim ke Workshop yang ada di GMF dan apabila tidak ada alatnya di GMF maka rotable material tersebut dikirim ke Outsource repair seperti KLM (Belanda), LUFTHANSA (Swiss), KARACHI (Afrika),  AMKA (Indonesia), dan sebagainya.

Jadi menurut saya dari ketiga tingkatan komponen material / sparepart dalam pesawat itu yang menjadi prioritas utama  terpenting adalah Rotable material karena di rotable material itu terdapat item yang melarang pesawat untuk terbang yaitu no go item. Dan material control memaintenance keadaan dari rotable material setiap kali dilakukan perawatan. Sparepart di dalam pesawat itu juga berperan sangat penting karena apabila sparepart yang digunakan dalam pesawat itu tidak sesuai dengan aturannya atau sparepartnya ada yang tidak dipasang maka akan bisa menganggu keselamatan penerbangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: