Mengapa Sering Terjadi Ketidakcocokan dalam Data System dengan Fisik Barang dalam Pengurusan Persediaan?


Nama : Ummi Ade Rocheni

Nim     : 224109265

Kelas  : ZU 09

Dalam Sebuah Perusahaan Penerbangan , Manajemen Persediaan atau Inventory Management bisa mendapatkan perhatian lebih untuk kepengurusannya . Biasanya dalam maskapai penerbangan , inventory mencakup sparepart pesawat . Kalau dilihat dari sepintas , tugas dari staff inventory sangat mudah , ialah mengontrol kapan persediaan akan habis . Sering saya mendengar bahwa ada masalah ketidak samaan fisik barang dengan data yang ada pada dokumen , tapi mengapa hal itu bisa terjadi?

Hal ini kemudian saya tanyakan kepada Aditya sebagai Staff Inventory Control di Maskapai Lion Air . Beliau mengatakan , “masalah yang sering kali dihadapi oleh staff inventory control adalah ketidak cocokan stock barang dengan data yang telah ada , maksudnya adalah perbedaan di system dengan fisik barang biasanya penyebab kekeliruan barang tersebut karena memakai document manual sehingga di system blum di issued sehingga menyebabkan ketidak samaan fisik barang dengan data system”

 

Tanggapan penulis :

Menurut saya untuk masalah ketidak cocokan fisik barang dengan data di system , bisa juga disebabkan oleh dokumen barang tersebut hilang atau terselip sehingga tidak terdapat di system bukan hanya karena dokumen manual sehingga belum di di issued. Sebenarnya tugas terpenting dari Staff Inventory Control itu sendiri adalah pengendalian persediaan . Disini sangat dibutuhkan kejelian dan ketelitian seorang staff inventory control , karena seorang staff inventory control harus mengetahui kapan persediaan akan habis sehingga tidak terjadi kekosongan persediaan . Seharusnya Staff Inventory Control bekerja dengan didukung system yang optimal seperti system yang cepat dan akurat dalam pengiriman atau peng issued an barang sehingga tidak terjadi lagi kekeliruan fisik barang dengan data di system , selain itu staff inventory control harus dibekali pendataan yang sesuai terkait dengan persediaan yang masih tersedia , sehingga petugas dapat mengetahui barang atau sparepart pesawat yang akan habis tersedia .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: