Pada Saat Seperti Apa Pilot Dapat Menolak Untuk Menerbangkan Pesawat ?


Nama             : Nadya Sartika

NIM                 : 224109183

Kelas              : ZU 09

Pilot sebagai salah satu orang yang penting dalam pesawat  mempunyai wewenang untuk menolak menerbangkan pesawat. Tentu pilot tidak boleh semena-mena untuk menolak menerbangkan pesawat dan penolakan dilakukan dengan alasan tertentu.

Berdasarkan hasil wawancara dengan Capt. Kentot Susilo, Pilot Garuda Indonesia. Alasan pertama pilot diperbolehkan untuk menolak menerbangkan pesawat karena alasan kesehatan.

Alasan kedua, pilot dapat menolak ketika jam terbang pilot  tersebut sudah melebihi batas (limit). Selama seminggu jam terbang pilot harus tidak lebih dari 30 jam dan sebulan tidak boleh lebih dari 115 jam. Masalah jam terbang pilot ini sudah diatur secara internasional.

Untuk penerbangan internasional yang memakan waktu lebih dari 10 jam, misalnya penerbangan dari Jakarta ke Los Angeles yang memakan waktu 13 jam, maka jumlah pilot yang in charge harus lebih dari dua orang. Jika pilot yang in charge  kurang dari dua orang maka pilot tersebut dapat menolak untuk menerbangkan pesawat.

Alasan lainnya adalah maintenance pesawat. Jika jam pengoperasionalan dari pesawat sudah mencapai batas maka pesawat tersebut harus dimaintenance lagi. Pilot dapat menolak jika jam pengoperasionalan pesawat sudah mencapai batas namun masih digunakan untuk terbang.

Menurut saya, karena pekerjaan dari pilot memerlukan konsentrasi tinggi dan pilot bekerja dalam waktu yang lama maka dibuat peraturan internasional yang mengatur jam terbang pilot untuk menjaga kinerja pilot tersebut, agar pilot tetap dapat bekerja secara maksimal. Alasan pilot untuk menolak penerbangan tidak semata-mata karena kepentingan pribadi tapi alasan tersebut untuk menjaga keselamatan penerbangan yang menyangkut keselamatan para penumpang dan awak pesawat lainnya. Dengan menjaga keselamatan maka konsumen pun menjadi semakin percaya dan merasa aman terhadap airline tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: