Perlengkapan Penunjang Kegiatan Ground Handling


Nama : Sunanto Q.
Kelas : S1 – MTU M
NIM : 224109326

Ground Handling merupakan kegiatan operasi darat yang sangat penting peranannya untuk mendukung terlaksananya suatu penerbangan yang akan dilakukan oleh perusahaan penerbangan. Kegiatan Ground Handling terdiri dari beberapa fase atau tahap, yaitu mulai dari Pre Journey, Pre Flight Service, In-Flight Service, Post Flight Service, sampai pada Post Journey. Demi untuk menunjang kegiatan Ground Handling, maka diperlukanlah beberapa perlengkapan yang mampu untuk membantu dan mempermudah para pekerja agar dapat melakukan kegiatan Ground Handling secara optimal dan maksimal.
Dalam Artikel ini, saya akan mencoba untuk membahas tentang perlengkapan apa saja yang dapat digunakan dalam rangka untuk membantu para pekerja Ground Handling agar dapat bekerja secara optimal, efektif dan efisien. Perlengkapan itu disebut dengan Ground Support Equipment (GSE).

Pertama, dimulai dari CHOCKS. Chocks berguna untuk mencegah pesawat bergerak saat sedang diparkir didalam hanggar maupun yang sedang diparkir di Apron Area. Chocks terbuat dari kayu atau karet yang keras dan padat. Chocks diletakkan di depan dan belakang dari roda landing gear.
Sumber gambar :

http://www.groundsupportworldwide.com/print/Ground-Support-Worldwide/Safety-EquipmentApparel-and-Securit/1$3442

Selanjutnya adalah BAG CARTSBag Carts mempunyai fungsi untuk mengangkut barang-barang seperti kargo, mail, koper dan barang-barang lainnya. Bag Carts dilengkapi dengan sistem rem yang dapat menghambat pergerakan roda pada saat penghubung sedang tidak terikat. Biasanya Bag Carts akan tertutup sepenuhnya, kecuali untuk sisi yang menggunakan tirai plastik yang bertujuan melindungi barang-barang dari cuaca.
Sumber gambar : http://www.waspinc.com/gse/baggage_carts/index.html

Selanjutnya adalah Trollies for Containers and Pallets. Sesuai dengan namanya Trollies ini digunakan untuk mengangkut beban yang ditempatkan ke dalam Containers dan Pallets. Kedua jenis Trollies ini memiliki in built rollers yang berguna untuk mempermudah dalam rangka untuk menggerakan & memindahkan Containers serta Pallets.
Sumber gambar : http://en.wikipedia.org/wiki/File:Pallet_dollies.JPG

Selanjutnya adalah REFUELERSRefuelers ini memiliki fungsi untuk mengisi ulang bahan bakar yang diperlukan oleh pesawat. Refuelers dapat berupa truk yang berisi bahan bakar ataupun truk yang dilengkapi dengan hidran. Truk yang berisi bahan bakar biasanya dapat mengangkut bahan bakar sampai 10.000 galon dan memiliki filter, selang, dan pompanya sendiri.
Sumber gambar : http://en.wikipedia.org/wiki/File:Aircraft-refueller-hydrant-cart.jpg

Selanjutnya adalah TUGS AND TRACTORSTugs and Tractors memiliki fungsi untuk memindahkan peralatan atau barang-barang yang tidak dapat bergerak sendiri, contohnya seperti bag carts, mobile air conditioning units, air starters, lavatory carts, dan peralatan lainnya.

Sumber gambar : http://www.lhc.pl/eq-l/tug_m1a.jpg

Selanjutnya adalah CONTAINER LOADERContainer Loader berfungsi untuk membongkar muat kargo yang ditempatkan di dalam kontainer maupun pallet. Loader ini memiliki dua platform yang dapat naik dan turun secara bebas. Pallet di loader digerakkan dengan bantuan built-in rollers ataupun roda, dan dibawa kedalam pesawat berdekatan dengan platform.

Sumber gambar : http://www.delticgroup.com/Container_Loader.jpg

Selanjutnya adalah TRANSPORTERS. Transporters memiliki fungsi untuk membawa dan memindahkan barang-barang bawaan seperti kargo, bagasi dan mail. Barang-barang yang dapat diangkut tergantung pada kapasitas, jenis, dan beban kontainer yang dapat diangkut.

Sumber gambar : http://en.wikipedia.org/wiki/Ground_support_equipment

Selanjutnya adalah BELT LOADERBelt Loader merupakan kendaraan yang dilengkapi dengan belt yang dapat bergerak. Belt yang dapat bergerak tersebut memiliki fungsi untuk memudahkan bongkar muat bagasi dan kargo dari pesawat.

Sumber gambar : http://synairgia.com/conveyor%20belt%20loader.jpg

Selanjutnya adalah PASSENGER BOARDING STAIRSPassenger Boarding Stairs memiliki fungsi untuk menghubungkan antara pesawat dengan ground, agar penumpang dapat menuruni pesawat dengan lebih nyaman dan aman. Biasanya passenger boarding stairs telah dilengkapi dengan kanopi, lampu tambahan, dan karpet.

Sumber gambar : http://www.superstock.com/stock-photos-images/1823-3478

Selanjutnya adalah PUSHBACK TUGS AND TRACTORS. Pushback Tugs and Tractors memiliki fungsi untuk mendorong pesawat ke belakang atau mundur.

Sumber gambar : http://flyawaysimulation.com/media/images1/Image/ramp-tug-1.jpg

Selanjutnya adalah DE/ANTI-ICING VEHICLESDe/anti-icing Vehicles berfungsi untuk melindungi pesawat dari udara dingin yang dapat mengakibatkan pembekuan cairan di dalam pesawat.

Sumber gambar : http://www.gforcetech.com/graphics/sub/FMC/tempest1.jpg

Adapun perlengkapan lainnya yang tidak dapat tercantum satu-persatu karena terlalu banyaknya perlangkapan yang dipergunakan untuk menunjang pekerjaan Ground Handling dilapangan, seperti Catering Vehicles, Lavatory Service Vehicles, Portable Water Trucks, Air Starter, Buses, Ground Power Units dan lain lain. Menurut saya, dengan adanya perlengkapan yang dipergunakan untuk menunjang pekerjaan Ground Handling dilapangan ini, seharusnya dapat meningkatkan kinerja operasi darat di setiap Bandar Udara dalam melayani dan membantu perusahaan penerbangan yang dimulai dari bongkar muat kargo, bongkar muat penumpang, penyimpanan air minum, limbah drainase tangki kloset, pengisian bahan bakar pesawat, pemeriksaan dan pemeliharaan mesin pesawat, serta sampai pada makanan dan minuman katering, dalam rangka untuk mensukseskan misi penerbangan yang akan dilakukan dari tempat keberangkatan sampai tempat tujuan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: