SEMPIT…SUMPEKKK, Akukan Besar !


Nama : Asri Oktaviana

Nim     : 224109019

Kelas   : D

 

SEMPIT…SUMPEKKK, Akukan Besar !

 

Bandara Soekarno Hatta sudah merupakan Bandara Internasional di Indonesia. Sebagai pintu gerbang keluar masuknya WNA dan MNI dalam Negara ini. Dan sudah pasti banyak pesawat besar bertaraf internasional yang parkir dan lepas landas disini. Akan tetapi lahan Apron pada Bandara Soekarno Hatta sangat tidak memadai sehingga membuat pergerakan pesawat per jam nya tidak optimal dan kapasitas parkir ( apron ) yang kecil.

Sebagai bandar udara terbesar di Indonesia dan memiliki tingkat kesibukan yang tinggi namun dengan kapasitas terbatas Bandara Soetta jadi cenderung over capacity, dan ini  berpotensi menyebabkan penurunan safety level dan service level dan juga kondisi operasional di apron menjadi kurang layak karena terbatasnya ruang gerak GSE (Ground Support Equipment) dalam melaksanakan kegiatan ground handling.

Saya ambil contoh di terminal I, dalam terminal I  jumlah GSE 1210 unit sedangkan jumlah optimum yang diketahui adalah 623 unit sehingga terdapat kelebihan sebesar 587 unit yang menempati apron. Pada penghitungan jumlah GSE pada kegiatan pelayanan ground handling yang dominan dan mempengaruhi safety level dan service level bandara, yaitu ramp operations pada jam sibuk (peak hours).

Dengan adanya rencana pengembangan design tata ruang di Bandara Soetta yang baru semoga saja dapat memecahkan masalah kurangnya lahan apron. Sehingga kelebihan GSE pada terminal I dapat direlokasi ke terminal lain yang masih luang, maka kapasitas apron akan meningkat dan pada akhirnya dapat memperbaiki performansi bandara.

Semoga rencananya cepat dijalankan dan bukan hanya sebagai rencana saja! Dengan begitu kapasitas parkir (apron) akan meningkat yang saat ini hanya 125 pesaawat menjadi 174 pesawat dan pergerakan pesawat yang saat ini hanya 52 per jam bias meningkat menjadi 62 pergerakan per jam. Sehingga dapat terwujud target Bandara Soekarno Hatta “Dapat melayani 62 juta penumpang per tahun pada 2014” .

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: