Ada ga sih bedanya pramugari reguler dengan pramugari haji ?


Nama   : Andita Pratiwi

NIM     : 224109118

Kelas : S1 ZU09

Nara Sumber : Devie Muliawati, Pramugari Garuda Indonesia

Pramugari haji biasanya bertugas pada musim haji saja sedangkan pramugari reguler melayani setiap penerbangan dan lagi pramugari haji tiap setelahselesai masa tugasnya maka akan selesai sampai disitu kontraknya, dan ketika musim haji berikutnya tiba maka akan diadakan kembali seleksi awak kabin haji. Maka yang sudah pernah terbang atau punya pengalaman disebut recurent sedangkan yang belum punya pengalaman terbang disebut zero hour.

Kenapa perlu perekrutan lagi ? karena jumlah demand akan penerbangan reguler saja sudah begitu padat. Melihat jumlah pramugari reguler juga terbatas tentu akan sangat merugi kalau pramugari reguler diambil khusus untuk penerbangn haji, begitupula dengan nasib pesawatnya, terbatasnya jumlah armada Garuda mengharuskan Garuda untuk mencharter pesawat tiap tahunnya hanya untuk penerbangan haji ini. Maka selain trainingpara calon awak kabin haji juga dikenalkan pada pesawat sewaan Garuda tadi.

Dari segi pendapatan pramugari reguler tentu mempunyai tingkat prosperity yang tinggi ketimbang pramugari haji karena dilihat dari jam terbangnya dimana pramugari reguler mendapat jadwal lebih padat daripada pramugari haji.

Dari proses seleksinya perbedaan hanya terlihat dari tes bahasa Inggris dan tes fisik. Untuk pramugari reguler semuanya lebih sulit.

Pendapat :

Pada dasarnya tugas dari pramugari haji dan pramugari reguler adalah sama yaitu melayani para penumpang dipesawat. Tidak ada perbedaan yang terlihat secara signifikan oleh para penumpang biasa mungkin hanya pada seragam yang dikenakan oleh pramugai haji lebih tertutup dan menggunakan jilbab. Sedangkan perbedaan perbedaan lainnya hanya bisa dirasakan oleh para pramugarinya itu sendiri seperti yang disebutkan oleh narasumber pramugari haji adalah pramugari musiman yang bekerja tidak tetap dan hanya menjadi pramugari hanya pada saat musim haji saja.

Proses seleksinya pun tidak jauh berbeda dengan pramugari reguler tes fisiknya maupun tes bahasa inggrisnya mungkin pramugari reguler tesnya lebih sulit dan diperketat karena mereka akan menjadi awak kabin tetap sebuah airlines. Training yang dilakukan untuk pramugari reguler juga memerlukan waktu yang lebih lama daripada pramugari haji

Proses seleksi pramugari haji juga dilakukan pada kota-kota besar di Indonesia untuk menjadi homebase dari pramugari haji tersebut. Biasanya para calon pramugari zero hour di tempatkan diluar kota Jakarta dan calon pramugari haji recurent bisa dengan mudah mendapatkan homebase nya di Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: