Apakah ada perbedaan khusus antara bangunan di bandara Internasional dengan bandara domestic?


NAMA            : FIFI SHOFIYAH

NIM                 : 224109005

KELAS           : ZU 09

Narasumber : Nurni Pebriani – PKWT (Civil Engineering)

 

Pelabuhan udarabandar udara atau bandara merupakan sebuah fasilitas tempat pesawat terbang dapat lepas landas dan mendarat. Bandar udara yang paling sederhana minimal memiliki sebuah landasan pacu namun bandara-bandara besar biasanya dilengkapi berbagai fasilitas lain, baik untuk operator layanan penerbangan maupun bagi penggunanya.

Menurut narasumber, tidak ada bangunan khusus (standar bangunan) yang membedakan antara bandara Internasional dengan bandara domestic. Yang membedakan antara bandara Internasional dengan bandara domestic adalah dilihat dari kondisi terminalnya. Terminal untuk bandara Internasional lebih baik kondisi bangunannya maupun pelayanannya karena jumlah penumpang lebih sedikit daripada domestic. Standar pembangunan sebuah bandara biasanya tercantum di dalam ANNEX dan IATA.

Menurut saya, pembangunan bandara Internasional dan domestic memang harus ada sedikit perbedaan di bagian desain dan kondisi bangunannya karena pengguna jasa di bandara Internasional tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri. Dengan kondisi bandara Internasional yang baik dan nyaman akan menimbulkan kesan baik dari para pengguna jasa. Pemeliharaan dan pengelolaan bangunan sebuah bandara amat sangat penting dilakukan demi kelancaran penerbangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: