Penentuan Jumlah Pesawat Terbang Berdasarkan Rute Penerbangan (Part 1)


Nama : Nadya Sartika

NIM     : 224109183

Kelas  : ZU 09

BAB I

PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang

            Dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari kita tidak akan pernah terlepas dari dunia transportasi, dan kita juga tidak semata-mata menjalankan kegiatan transportasi secara tunggal tanpa didukung dengan kegiatan lainnya, maka dari itu transportasi disebut juga sebagai derived  demand.

Mengingat besarnya peran transportasi pada kehidupan manusia maka banyak perusahaan yang menawarkan jasa dibidang transportasi. Walaupun peran transportasi sangat besar dalam kegiatan sehari-hari bukan berarti suatu perusahaan akan selalu mendapatkan banyak keuntungan jika menekuni bidang transportasi.

Untuk menghindari kerugian salah satu hal yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah dengan membuat perencanaan dan merealisasikan perencanaan tersebut sebaik mungkin.

Ketika kita menekuni bidang jasa pada transportasi udara, salah satu perencanaan yang harus dibuat adalah perencanaan rute penerbangan. Salah satu hal yang menjadi perhitungan ketika menetapkan rute penerbangan adalah berdasarkan jumlah permintaan  konsumen.

Rute penerbangan mempengaruhi berbagai macam hal seperti jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dan juga jumlah pesawat yang akan digunakan.

Jika jumlah pesawat yang digunakan sesuai dengan fungsinya maka perusahaan dapat melaksanakan kegiatan operasionalnya secara efektif dan efisien dan juga dapat meminimalisir risiko yang akan terjadi, sehingga dapat meningkat pendapatan perusahaan.

Mengingat besarnya pengaruh rute penerbangan dan jumlah pesawat yang digunakan dalam suatu penerbangan maka saya memilih judul “Penentuan Jumlah Pesawat Terbang Berdasarkan Rute Penerbangan” sebagai  tugas Ground Handling.

 

B.        Tujuan

  1. untuk menentukan jumlah pesawat yang akan digunakan sesuai dengan rute yang ada
  2. dapat mengatur jadwal keberangkatan sesuai jumlah pesawat agar tidak terjadi delay.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: