Penyebab Pengembalian Barang dan Dokumen Kepada Shipper dalam Pengiriman Cargo (Part 1)


Nama : Ummi Ade Rocheni

Nim     : 224109265

Kelas  : ZU09

BAB I

PENDAHULUAN

A . Latar Belakang

Semakin berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi yang pesat , transportasi udara yaitu airlines telah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat sekarang . Jasa yang ditawarkan oleh airlines selain penjulan seat kepada penumpang adalah pengangkutan kargo , baik dalam wilayah domestic , internasioanal maupun regional . Kargo itu sendiri menurut IATA (2005) adalah semua barang yang diangkut atau yang akan diangkut dengan pesawat udara dengan menggunakan Air Way Bill / SMU ( Surat Muatan Udara ) tetapi tidak temasuk pos atau barang lain yang dimuat dalam perjanjian konvensi pos internasional dan bagasi yang disertai tiket penumpang atau check baggage .

Pengiriman dan penerimaan kargo melalui jasa airlines lebih menguntungkan dilihat dari keefektifan dan keefesienan waktu . Tetapi tidak jarang ditemukan masalah dalam pengangkutan melalui airlines berupa pengembalian barang dan dokumen kepada shipper . Di dalam setiap pengiriman barang kargo tidak akan selalu berjalan mulus seperti misalnya barang kargo yang akan dikirim pasti akan sampai ke tujuan . Mungkin saja ada beberapa barang kargo yang tidak jadi atau tidak bisa dikirim oleh shipper dikarenakan suatu alasan tertentu misalnya kesalahan dalam pengiriman berupa identitas penerima yang keliru , penolakan oleh penerima saat di destination , hak disposisi (pembatalan barang kiriman) yang digunakan oleh pengirim , ataupun tidak ada pernyataan pabean yang dibuat sebagaimana disyaratkan oleh peraturan-peraturan pabean yang berlaku .

Kasus pengembalian kargo itu sendiri merupakan masalah intern shipper yang biasanya menyangkut ketelitian mengenai pengiriman barang . Pengiriman kargo melalui jalur udara memakan biaya relative besar dibandingkan jalur laut , Bila terjadi pengembalian kargo maka pihak yang akan sangat dirugikan dalam masalah ini adalah pihak shipper itu sendiri . Karena biaya yang dikeluarkan akan dua kali lipat lebih mahal dan pasti tidak efisien  Kemudian apa yang seharusnya dilakukan oleh shipper dalam mengurangi resiko pengembalian kargo? Maka dari itu berdasarkan uraian diatas , penulis tertarik untuk menganalisis lebih jauh mengenai “ Penyebab Pengembalian Barang dan Dokumen Kepada Shipper Dalam Pengiriman Kargo “

B . Tujuan Penulisan

  • mengetahui lebih jelas penyebab dikembalikannya barang kepada shipper
  • menganalisis pengaruh dan dampak terhadap shipper , airlines dan penerima bilamana barang kargo dikembalikan
  • dan mengetahui tindakan shipper dalam mengurangi resiko pengembalian barang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: