Analisis Pembatasan Liquid Aerosol Gel (LAG) Yang Dibawa Penumpang Internasional Ke Dalam Kabin Pesawat Bagi Keamanan Penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta (Part 1)


Nama : Devi Kusuma Wardani

Nim     : 224109098

Kelas  : ZU 09

BAB I

PENDAHULUAN

A.   LatarBelakang

Pada saat ini perkembangan dunia transportasi udara di Indonesia semakin ramai dan banyak diminati oleh pengguna jasa transportasi yang memilih menggunakan jasa transportasi udara. Sebab banyak alasan yang dapat memberikan keuntungan bagi pengguna jasa transportasi udara itu sendiri. Walaupun demikian memilih untuk menggunakan jasa transportasi udara juga dapat menimbulkan resiko yang besar untuk keamanan dan keselamatan pada saat penerbangan.

Salah satu penyebab dari timbulnya resiko yang dapat terjadi pada saat penerbanganya itu berasal dari barang bawaan penumpang. Dapat diketahui dari segi jenis barang, jumlah barang, tingkat bahaya pada barang, dan lain sebagainya. Sehingga pemeriksaan terhadap barang bawaan penumpang dilakukan sesuai dengan SOP yang berlaku seperti halnya pembatasan membawa benda cair bahaya, yang dikarenakan kurangnya pengetahuan penumpang untuk tujuan penerbangan internasional terhadap jenis barang tersebut. Dan pemberlakuan pembatasan ini hanya diperuntukan penumpang internasional.

Pembatasan membawa benda cairber bahaya sudah mulai diberlakukan sejak tanggal 31 Maret 2007, namun pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak penumpang internasional khususnya di bandara soekarno-hatta yang membawa benda cair berbahaya (liquid aerosol gel) melebihi ketentuan jumlah kapasitas yang telah ditentukan dan diberlakukan.

Sesuai Peraturan Dirjenhubdar No: SKEP/43/III/2007 tanggal 6Maret 2007,
tentang Pembatasan Membawa Cairan, Aerosol dan Gel (liquids, aerosols and gels). Maka demikian analisis terhadap pembatasan liquid aerosol gel (LAG) yang dibawa penumpang internasional ke dalam kabin pesawat udara dilakukan karena berkaitan dengan factor keamanan dan keselamatan bagi penerbangan khususnya di bandara soekarno-hatta.

 

B.   TujuanPenelitian

  • Untuk mengetahui apa alas an pembatasan Liquid Aerosol Gel (LAG) pada barang bawaan penumpang internasional.
  • Untuk mengetahui bagaimana penanganan Liquid Aerosol Gel (LAG) pada barang bawaan penumpang internasional di bandara Soekarno-Hatta.
  • Untuk mengetahui tingkat efektivitas keamanan bandara Soekarno-Hatta terhadap penerapan pembatasan Liquid Aerosol Gel (LAG).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: