PENGARUH KESEHATAN TERHADAP KINERJA PILOT (part 1)


NAMA          : DEVY SULIANTI

NIM               : 224109184

KELAS          : ZU – 09

BAB I

PENDAHULUAN

A.           LATAR BELAKANG

Mengingat meningkatnya kecelakaan pada pesawat terbang disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktornya dapat disebabkan oleh  kesehatan pada pilot. Jam terbang pilot dan keadaan fisik serta psikologis terhadap pilot dapat mengganggu kesehatan terhadap pilot itu sendiri. Oleh sebab itu sebelum melakukan penerbangan, pilot  terlebih dahulu diperiksa kesehatannya. Kesehatan pada pilot bukan hanya menjadi tanggung jawab perusahaan penerbangan yang mempekerjakannya, tetapi juga menjadi tanggung jawab pilot itu sendiri.

Menurut pernyataan dari organisasi kesehatan dunia (WHO), kesehatan adalah keadaan fisik, mental, dan kesejahteraan sosial secara lengkap dan bukan hanya sekedar tidak mengidap penyakit atau kelemahan. Demikian pula, seberapa penting pengaruh kesehatan terhadap kinerja pilot. Berkaitan dengan definisi kesehatan dari WHO, pilot harus memiliki fisik dan mental yang sehat agar kesejahteraan sosial penumpang yang diangkutnya terjamin. Seperti kalimat yang mengatakan “sehat itu mahal” oleh karena itu seluruh masyarakat ingin merasakan sehat terlebih pilot yang mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap maskapai dan penumpangnya.

Dengan sempurnanya kesehatan pada pilot dapat membuat kinerja pilot menjadi aman, nyaman, dan tenang dimata pengguna transportasi udara. Pemerintah serta Departemen Perhubungan Udara, telah mengeluarkan beberapa peraturan yang berkenaan dengan kesehatan dan keselamatan pada penerbangan. Hal ini bukanlah hanya formalitas, akan tetapi lebih kepada memberikan kesadaran serta memberikan sarana penunjang bagi keselamatan pilot dan terutama pada keselamatan penumpang. Karena keselamatan maskapai termasuk penumpang didalamnya merupakan tanggung jawab besar seorang pilot.

B.           TUJUAN

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui sedini mungkin kesehatan seorang pilot dalam menerbangkan pesawat terbang dan untuk mengantisipasi sekecil mungkin terjadinya kecelakaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: