PELAYANAN DI BANDARA


Nama : Darwin Simanjuntak

Nim  : 2241.06.201

Kelas : S1- MTU / D


Pelayanan di bandara meliputi pelayanan sebelum keberangkatan yaitu di check-in

counter dan ruang tunggu, dan pada saat kedatangan yaitu di transfer-desk dan daerah

penyerahan bagasi.

(i) Pelayanan check-in

Penumpang pada umumnya mengharapkan penanganan check-in yang cepat, ramah, sopan, serta efisien dalam pengalokasian tempat duduk, penanganan transfer, dan penanganan bagasi. Untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada penumpang, maskapai penerbangan menyediakan beberapa

check-in counter dengan mengelompokkan penumpang pada tempat check-in yang terpisah. Penumpang kelas utama dan bisnis disediakan check-in counter tersendiri yang terpisah dari penumpang kelas ekonomi. Di beberapa kota besar, maskapai penerbangan bahkan memberikan kemudahan kepadapenumpang dengan membuka city check-in. Dengan fasilitas ini, penumpangmelaporkan keberangkatannya di kota tanpa harus lama mengantri di bandara. Saat ini, Garuda dan Merpati merupakan maskapai domestik yang masih menawarkan fasilitas city check-in kepada pelanggannya.

(ii) Transfer penumpang dan bagasi

Transfer penumpang dan bagasi yang akan meneruskan perjalanannya pada penerbangan lanjutan memerlukan ketepatan, kecepatan, dan ketelitian. Permasalahan yang sering muncul adalah terlambatnya pesawat inbound. Jika penerbangan lanjutan sudah berangkat dan tidak ada lagi pesawat berikutnya,

maka penumpang dan bagasinya akan menjadi masalah, terutama jika kedua sektor yang diterbanginya merupakan sektor internasional dan penerbangan yang tersedia tidak berlangsung setiap hari.

(iii) Ruang tunggu

Maskapai penerbangan berlomba menawarkan kelebihan fasilitas ruang tunggu yang disediakannya, terutama untuk penumpang kelas bisnis dan utama. Interior ruang tunggu yang nyaman, makanan serta minuman cuma-cuma yang istimewa, pelayanan superior, dan fasilitas yang lengkap ditawarkan oleh

maskapai penerbangan untuk menjaring penumpang. (iv) Penyerahan bagasi Maskapai penerbangan harus mengusahakan agar bagasi segera dapat diterima saat penumpang tiba di tempat tujuan. Penumpang di kelas utama dan bisnis selayaknya mendapatkan bagasi mereka dalam prioritas pertama

 

 

(iv) Penyerahan bagasi

Maskapai penerbangan harus mengusahakan agar bagasi segera dapat diterima

saat penumpang tiba di tempat tujuan. Penumpang di kelas utama dan bisnis

selayaknya mendapatkan bagasi mereka dalam prioritas pertama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: