Pemasangan Iklan Di Boarding Pass Pada Maskapai Penerbangan Di Indonesia


Nama : Herny Puspitasari

NIM     : 224109277

Kelas  : ZU 09

 

BAB I

Pendahuluan

A. Latar Belakang

Boarding pass adalah dokumen yang wajib dimiliki penumpang pesawat udara jika ingin melakukan penerbangan. Boarding pass dapat diperoleh setelah penumpang yang memiliki tiket melakukan check-in. Pernahkan Anda melihat secara detail bagian-bagian yang tertulis di dalam boarding pass? Dan pernahkah Anda melihat halaman belakang di boarding pass anda? Kali ini, saya fokus untuk membahas masalah yang ada pada halaman belakang suatu boarding pass.

Di Indonesia, halaman belakang dari suatu boarding pass ternyata kosong. Berbeda dengan boarding pass yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan penerbangan di luar negeri. Mereka memanfaatkan bagian belakang pada boarding pass untuk menambah keuntungan bagi perusahaannya di dalam bidang non-aeronautika. Bagaimana caranya? Pada halaman belakang boarding pass yang kosong, perusahaan penerbangan memberi kesempatan kepada industri lain untuk memasang iklan guna memasarkan produk yang dimiliki oleh industri tersebut. Dari ukuran boarding pass yang besarnya terbatas, dapat dimanfaatkan untuk memasang beberapa iklan dengan memasang tarif  pemasangan tertentu.

Tetapi, mengapa perusahaan-perusahaan penerbangan di Indonesia belum mencontoh hal baik yang diterapkan sebagaimana perusahaan-perusahaan penerbangan asing dalam hal memanfaatkan boarding pass untuk memasang iklan? Pemanfaatan halaman belakang boarding pass tentu akan sangat memberikan dampak positif bagi perusahaan penerbangan yang menerapkannya, karena hal ini dapat menjadi sumber pendapatan lain bagi perusahaannya dalam bidang non-aeronautika. Sedangkan dari sisi industri yang berminat untuk memasang iklan pada boarding pass, mereka berfikir jika metode pemasaran produk dengan memasang iklan di boarding pass suatu airline, pasti akan sangat efektif untuk meningkatkan penjualan produk mereka, karena boarding pass merupakan dokumen wajib yang dimiliki setiap penumpang sebelum mereka masuk ke dalam pesawat, jadi ada kemungkinan besar dari setiap penumpang yang telah memiliki boarding pass untuk melihat iklan yang dipasang pada bagian belakang boarding pass mereka. Cara yang efektif dan memberikan manfaat yang cukup besar bagi masing-masing pihak, bukan?

B. Tujuan

  1. Dari sisi airline, merupakan cara baru yang efektif untuk meningkatkan pendapatannya dalam bidang non-aeronautika.
  2. Dari sisi industri yang berminat untuk memasang iklan pada boarding pass, cara ini merupakan ajang promosi dari produk yang akan dipasarkan guna meningkatkan penjualan dan meningkatkan keuntungan perusahaannya.

 

BAB II

Kerangka Berfikir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: