Penerapan Desain dan Layout Batik pada Kursi Penumpang dan Dinding Dalam Pesawat


Nama : Ummi Ade Rocheni

Nim     : 224109265

Kelas  : ZU-09

BAB 1

PENDAHULUAN

A . Latar Belakang

Perkembangan dalam dunia penerbangan semakin hari semakin pesat , didukung oleh kemajuan teknologi dalam pengoperasian pesawat terbang . Setiap maskapai penerbangan memiliki strategi masing – masing untuk memuaskan konsumen atau penumpang selama dalam pesawat . Kepuasan konsumen merupakan hal penting dalam airline . Cara yang digunakan dapat berupa service yang diberikan crew cabin selama dalam penerbangan ( in-flight service ) atau berupa fasilitas dalam pesawat . Misalnya adalah kursi penumpang dalam pesawat . Seperti yang kita ketahui , dalam sebuah pesawat terdapat kurang lebih 200 kursi penumpang untuk pesawat boeing dan rata – rata dalam setiap maskapai penerbangan kursi penumpang berwarna sama yaitu biru atau merah untuk kelas bisnis dan ekonomi .

Setiap penumpang yang naik kedalam pesawat hanya disajikan pemandangan yang biasa dengan dinding pesawat dan warna kursi yang monoton .  Strategi yang dapat digunakan maskapai penerbangan yaitu bisa berupa penerapan desain dan layout batik pada kursi penumpang dan dinding dalam pesawat . Batik yang dikenal sebagai ciri khas Negara Indonesia , dapat pula dijadikan sebagai pengenalan budaya terutama untuk international flight dan juga menyegarkan pandangan penumpang selama penerbangan . Untuk dinding pesawat dapat menggunakan layout batik yang sederhana dengan tidak banyak warna . Dan untuk kursi pesawat dapat menggunakan batik dengan banyak warna .

Strategi airlines dengan menerapkan desain dan layout batik pada kursi dan dinding pesawat diharapkan dapat meningkatkan volume penjualan  tiket disamping sebagai pengenalan budaya ke international . Dari uraian diatas , saya tertarik untuk menganalisis lebih jauh terkait dengan “ Penerapan Desain dan Layout Batik pada Kursi Penumpang dan Dinding Dalam Pesawat “ .

 

B . Tujuan Penulisan

  • Menganalisa keefektifan dari penerapan desain dan layout batik pada kursi dan dinding dalam pesawat
  • Mengembangkan ide terkait dengan penerapan desain dan layout batik pada kursi dan dinding dalam pesawat serta pengenalan budaya

 

BAB 2

KERANGKA BERPIKIR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: