Keuntungan Penggunaan Code Share Pada Perusahaan Penerbangan dan Kepuasan Penumpang (Part 3)


NAMA             :MONA FATIAH

NIM                 :224109170

KELAS           :ZU 09

BAB II

Narasumber:Tito Warsito,SE.MM.

Sebagai strategi bisnis perusahaan yang merupakan perjanjian antara 2 maskapai penerbangan untuk menggunakan kode penerbangan kedua airlines pada rute tertentu atau pada penerbangan yang disediakan oleh airlines yang bersangkutan, Code Share telah memberikan manfaat dan keuntungan baik bagi perusahaan dan konsumen . Code Share merupakan strategi marketing yang bagus karena dengan adanya strategi ini maka akan menambah penjualan pada rute penerbangan yang sama-sama dilakukan oleh kedua airline baik rute yang hanya diterbangi oleh airline satunya.

Karena Code Share bisa terjadi karena adanya traffic right sehingga tidak semua airline dapat melewati semua rute maka timbulah strategi ini agar airline yang tidak mendapatkan hak untuk melewati sebuah rute dapat bekerja sama dengan airline lain yang mempunyai hak untuk melewati rute tersebut sehingga dapat menambah load factor kedua airline yang melakukan kerja sama strategi marketing ini.

Dengan adanya Code Share juga akan memperkenalkan suatu airline kepada banyak penumpang sehingga bisa dijadikan ajang promosi bagi suatu perusahaan penerbangan.Perusahaan penerbangan seringkali mengalami keadaan dimana ia memiliki hak untuk melewati suatu Negara namun terhalang kendala biaya untuk menambah armada agar dapat menambah rute penerbangan yang dijualnya,dan juga ada kondisi sebaliknya dimana suatu airline memiliki cukup armada tetapi tidak memiliki hak untuk melewati suatu Negara sehingga dengan adanya strategi marketing ini perusahaan penerbangan dapat menutupi kekurangannya masing-masing dan tetap dapat menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

Sebagai penumpang juga akan merasakan keuntungan, dengan adanya kerja sama Code Share pada suatu airline konsumen akan menjadi lebih mudah dalam hal melakukan pemesanan tiket , seorang penumpang yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri yang tidak dapat melakukan penerbangan langsung sehingga penumpang tersebut hanya perlu melakukan pemesanan tiket pada salah satu airline tidak perlu melakukan pemesanan tiket dari kota A ke kota B dengan satu kode penerbangan lalu memesan tiket lagi dari B ke C dengan kode penerbangan lainnya, dengan system marketing ini semua dapat menjadi satu paket. Penumpang juga tidak usah kuatir akan ketinggalan pesawat karena jika ada penumpang dari kota A transit di kota B namun pesawat yang akan membawanya ke kota C delayed maka ia bisa menggunakan maskapai lain untuk pergi ke kota C jika perusahaan penerbangan tersebut melakukan kerja sama Code Share.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: