Penerapan Valet Parking Sebagai Solusi Penumpukan Kendaraan di Bandara (Part 3)


Nama             : Marlinda Putri Santoso

Nim                 : 224109276

Kelas              : ZU-09

 

BAB II

Tentang penerapan valet parking di bandara, menurut Bapak M. Rofiq.SE, MM selaku Dosen Manajemen Bandar Udara di STMT Trisakti dan pernah bekerja di PT. Angkasa Pura I, Beliau menilainya cukup bagus dan cukup efektif. Selain untuk menghindari penumpukan kendaraan di bandara, penerapan valet parking ini juga dapat menambah pendapatan bandara dari segi non-aeronautical. Tetapi dengan catatan, diperlukan kesiapan yang sangat totalitas dari pihak bandara sendiri seperti penyediaan lahan parkir yang cukup dan mempekerjakan orang yang benar-benar kompeten di bidangnya.

Penerapan valet parking di bandara juga harus memperhatikan beberapa faktor, diantaranya :

  1. Service yang akan diberikan dan tariff yang akan ditawarkan. Kedua hal ini harus sesuai dengan pasar. Berapa kisaran harga yang ditawarkan di tempat seperti mall atau hotel yang sudah lebih dulu menerapkan valet parking ini.
  2. Lahan parkir yang tersedia dan sumber daya manusia yang kompeten. Penyediaan lahan parkir yang tidak terlalu sempit agar memudahkan para petugas valet untuk memarkir kendaraan di lahan yang sudah disediakan dan mempekerjakan orang yang sudah benar-benar sudah ahli dalam hal parkir-memarkir sebagai petugas valet parking tersebut.
  3. Resiko kerusakan mobil dan pengadaan asuransi. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti adanya baret atau lecet pada mobil dikarenakan petugas valet yang kurang hati-hati dan pemilik kendaraan menyatakan complain terhadap mobilnya. Untuk meminimalisir hal ini, tentunya pihak bandara harus bekerja sama dengan pihak asuransi.

Beliau juga menyatakan salah satu strategi yang dapat digunakan untuk penerapan valet parking ini, yaitu tempat-tempat strategis untuk parkir sebaiknya dipakai untuk kendaraan valet. Sehingga pemilik kendaraan yang tadinya tidak mau menggunakan valet sebaiknya menggunakan valet saja. Selain kemudahan akses parkir yang ditawarkan, pemilik kendaraan juga tidak perlu repot untuk memarkir kendaraannya sehingga ia dapat meringkas waktu dengan tidak berlama-lama untuk mencari tempat parkir dan untuk kembali lagi ke area terminal bandara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: