Penerapan Desain dan Layout Batik pada Kursi Penumpang dan Dinding Dalam Pesawat (Part IV)


Nama : Ummi Ade Rocheni

Nim     : 224109265

Kelas  : ZU-09

Bab II

 

Menurut pendapat penulis , Kursi penumpang dalam pesawat merupakan salah satu item penunjang kemajuan suatu Airlines . Kepuasan penumpang dapat dilihat dari kenyamanan yang diberikan airlines melalui kursi tempat duduk penumpang dan interior dalam pesawat , selain in – flight service tentunya . Interior pesawat dan kursi penumpang dapat didesain dengan menggunakan sentuhan Ke – Indonesia – an . Batik yang dikenal sebagai  budaya khas Indonesia dapat diterapkan sebagai desain utama pada setiap kursi penumpang dan dinding dalam pesawat .

Kursi penumpang pastilah mempunyai standar komponen yang harus dimiliki dalam semua pesawat . Komponen – komponen yang harus dipenuhi oleh Airlines  harus berupa kenyamanan , keselamatan dan kemanan selama penumpang dalam penerbangan atau di dalam pesawat itu sendiri . Sisi Kenyamanan yang harus dipenuhi oleh Airlines berupa standar lebar dan tinggi kursi penumpang , kemudian berupa ketebalan satu kursi dan jarak ruang antara satu kursi dengan kursi yang didepan atau disamping . Kemudian dari sisi keamanan dan keselamatan yaitu kursi penumpang harus dibuat dari bahan yang nyaman dan tidak mudah terbakar , dan tidak lupa dilengkapi dengan fasilitas Seat belt pada setiap kursinya .

Tidak semua ide dan inovasi yang ditujukkan untuk kemajuan Airlines dapat berjalan dengan lancar dan mulus . Strategi pemasaran yang dilakukan oleh suatu airlines dengan penerapan desain dan layout batik pada kursi penumpang dan dinding dalam pesawat pastinya mempunyai kendala seperti berupa perubahan interior cabin yang tidak semudah itu dilakukan , kemudian material atau bahan yang tidak mudah terbakar yang harus disediakan oleh Airlines dan menghabiskan waktu kerja karyawan apabila melakukan perubahan motif batik dalam waktu berdekatan . Mungkin cara yang dapat digunakan Airlines untuk menghadapi kendala material dan jam kerja karyawan yang berkurang adalah dengan penyerahan kepada pihak lain atau perusahaan lain yang memang berkompeten didalamnya . Walaupun menimbulkan cost berlebih dari target , setidaknya tidak mengganggu jam kerja karwayan .

Penerapan desain dan layout batik pada kursi dan dinding dalam penumpang . dapat sekaligus digunakan Airlines sebagai pengenalan budaya Indonesia terhadap dunia luar terutama untuk penerbangan International dan pesawat Flag Carrier . Dan juga sebagai inovasi dalam dunia penerbangan yang biasanya lebih mengedepankan desain pada body pesawat luar dan juga desain pada hidung pesawat yang disebut Nose Art . Sehingga interior dalam pesawat cenderung biasa dan sama pada setiap Airlines . Selain untuk pengenalan budaya melalui batik dapat berfungsi sebagai cirri khas suatu Airlines yang menerapkan strategi ini . Airlines dapat secara langsung dikenal oleh konsumen dan menguatkan citra Ke – Indonesian – an pada Airlines tersebut . Mungkin dengan begini penumpang akan rela mengeluarkan uang lebih untuk dapat menggunakan Airlines tersebut walaupun untuk sedekar merasakan terbang dengan kursi batik .

Satu Balasan ke Penerapan Desain dan Layout Batik pada Kursi Penumpang dan Dinding Dalam Pesawat (Part IV)

  1. Andi Aryatno mengatakan:

    Follow blog’ku ya, ntar pasti aku follback, ini blog’ku http://andiweb3.wordpress.com atau lebih singkatnya http://www.andiweb.co.nr🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: