Penerapan Valet Parking Sebagai Solusi Penumpukan Kendaraan di Bandara (Part IV)


Nama             : Marlinda Putri Santoso

Nim                 : 224109276

Kelas              : ZU-09

BAB II

Menurut pendapat penulis, penerapan valet parking di bandara dapat menjadi solusi atas penumpukan kendaraan yang kerap terjadi disana. Mengadaptasi konsep yang sudah dulu dipakai di daerah perkantoran, perhotelan, mall maupun rumah sakit, maka seharusnya bandara juga dapat menerapkan konsep ini. Karena bandara juga menjadi tempat tujuan banyak orang selain tempat-tempat yang saya sebutkan di atas. Dengan mempertimbangkan banyaknya orang-orang yang suka parkir kendaraannya sembarangan, jarak parkiran dengan terminal yang cukup jauh, serta kendala waktu yang cukup lama untuk mencari tempat parkir di bandara, valet parking dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut.

Seperti yang sudah diutarakan oleh narasumber sebelumnya, penerapan valet parking harus memperhatikan beberapa faktor yaitu service yang diberikan dan tariff yang ditawarkan, lahan parkir yang tersedia dan sumber daya manusia yang kompeten serta resiko kerusakan mobil dan pengadaan asuransi. Tetapi menurut saya, dengan penerapan valet parking ini, tidak serta merta penumpukan kendaraan di bandara tidak terjadi lagi. Kita juga harus memperhatikan faktor lain dari penerapan valet parking ini. Sebagai contoh, pengadaan petugas valet yang banyak untuk layanan valet parking tersebut. Jika sosialisasi valet parking di bandara berhasil dan orang-orang banyak yang berminat untuk menggunakannya tetapi petugas yang disediakan sangat sedikit, maka akan menimbulkan masalah baru yaitu penumpukan kendaraan di bandara akibat antrian valet parking. Tentunya hal ini harus kita hindarkan. Jangan sampai solusi yang ditawarkan akan menimbulkan masalah yang lainnya.

Menurut sumber yang penulis baca, konsep valet parking adalah konsep layanan parkir modern. Banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan layanan ini karena beberapa keunggulan yang dimilikinya. Misalnya lokasi parkir yang strategis, kenyamanan yang dimiliki karena tidak perlu repot memikirkan untuk memarkir kendaraannya, dll. Dengan adanya valet, mobil dapat diparkir seteratur mungkin sehingga dapat pula meningkatkan efisiensi lahan parkir.

Berdasarkan penjelasan saya di atas, penerapan valet parking di bandara mempunyai kelebihan dan kekurangan. Sukses atau tidaknya penerapan valet parking ini tergantung kesiapan dari pihak bandara. Pertanyaannya adalah : Apakah pihak bandara bisa meminimalisir hal seperti di bawah ini dengan menggunakan konsep valet parking sehingga tidak akan ada lagi kejadian “parkir sembarangan” ke depannya? Jawabannya bisa, jika pihak bandara memang benar-benar konsisten dengan penerapan valet parking tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: