Penerapan Strategi Inovasi Bersertifikasi dalam Persaingan Jasa Angkutan Udara (Part V)


Nama: Annisa Nindya Kusuma

NIM: 224109343

Kelas: ZU’09

BAB IV

 

4.1 Kesimpulan

Industri penerbangan adalah industri global, keselamatan merupakan prioritas utama di dunia penerbangan. Maka dengan alasan apapun tidak dibenarkan untuk melupakan nilai-nilai keselamatan dalam bisnis jasa angkutan udara. Menggunakan inovasi baru untuk menghadapi persaingan pasar adalah cara yang efektif. Namun, strategi bersaing dengan inovasi yang seharusnya dalam persaingan jasa angkutan udara adalah tetap menjaga safety. Mengingat bisnis jasa angkutan udara tidak hanya sekedar menjual jasa angkutan udara dari origin ke destinasi, tetapi juga berikut dengan paket keselamatan pada penumpangnya.

Untuk itu strategi inovasi yang digunakan oleh Ryanair adalah strategi yang tidak dapat diterapkan dalam bisnis jasa angkutan udara, karena sangat berbahaya bagi penumpang dan terlalu menyalahi aturan yang ada. Setiap penerbangan harus dijalankan sesuai dengan Undang-Undang No. 1 tahun 2009 tentang Penerbangan (Indonesia), dan aturan-aturan dari International Civil Aviation Organization (ICAO), dan untuk aturan komersial mengacu pada International Air Transport Association (IATA).

Dalam penerapan inovasi jasa angkutan udara sebagai strategi bersaing guna menghadapi persaingan yang ketat, para pelaku bisnis dituntut untuk tetap mengutamakan safety. Otoritas penerbangan di setiap negara memiliki peran penting dalam memonitori operator penerbangan dalam menjalankan bisnisnya. Maka sebaiknya perencanaan inovasi yang dibuat oleh perusahaan jasa angkutan udara harus dianalisa lebih jauh lagi dan diperhitungkan dengan matang segala kemungkinan terjadinya risiko. Agar memiliki persetujuan dari otoritas penerbangan terkait, inovasi tersebut harus tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan pada penumpang serta memiliki sertifikasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: