Analisa Pembelian Tiket Pesawat Melalui Calo di Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta


Nama dan NIM :

Rusnah Indah Cahyati (224109310)

Devi Kusuma Wardani (224109098)

Rina Nur Wijayanti (224109099)

Fitrio Apriliando (224109018)

Kelas    : ZU 09

1.      Latar Belakang

Perkembangan transportasi udara saat ini jika dibandingkan dengan jasa transportasi yang lain, transportasi udara lebih mempunyai banyak kelebihan disamping harga dan juga waktu yang membuat konsumen dapat dengan mudah melakukan suatu perjalanan dari suatu tempat ke tempat lainnya.

Dengan banyaknya kemudahan yang didapatkan dengan menggunakan transportasi udara, masyarakat dengan era serba modern saat ini lebih memilih menggunakan transportasi udara dibandingkan transportasi lain. Mulai dari segi biaya yang murah sampai dengan waktu yang cepat sampai di tempat tujuan membuat semua kalangan dapat menggunakan transportasi ini.

Dalam hal melakukan pembelian tiket, banyak cara yang dapat dilakukan seperti datang langsung ke agent, datang langsung ke airline, online, melalui telepon, dan sampai dengan pembelian tiket dengan menggunakan calo.

Calo adalah perantara untuk membeli tiket antara si konsumen dengan penyedia jasa namun calo ini merupakan perorangan yang bersifat ilegal dalam hal penjualan tiket. Calo sebenarnya membantu untuk memudahkan para calon penumpang untuk melakukan pembelian tiket jika dilakukan dengan cara yang benar terlebih jika si calon penumpang tidak mempunyai waktu dalam melakukan pembelian tiket atau mendadak harus membeli tiket pada saat itu juga.

Akan tetapi, calo dalam membeli tiket pesawat ini terkadang menggunakan cara yang illegal mulai dari menggunakan KTP palsu untuk membeli tiket, menjual tiket dengan menggunakan data penumpang yang berbeda dengan data penumpang sebenarnya, hingga pada saat peak season biasanya calo membeli tiket dengan jumlah besar sehingga sering terjadi kehabisan tiket pesawat dalam rute tertentu, hal ini tentunya dapat menyulitkan para calon penumpang yang membutuhkan tiket tersebut.

Jika dilihat dari sisi positif calo dapat sangat membantu dalam pembelian tiket apabila dilakukan dengan cara yang benar, akan tetapi sisi negatifnya adalah jika calo dapat menjual tiket dengan data penumpang yang berbeda dengan data penumpang sebenarnya apabila pesawat yang digunakan mengalami kecelakaan tentunya akan sulit mengidentifikasi data penumpang yang sebenarnya diangkut serta dalam hal memberikan santunan kecelakaan karena data yang tersimpang di airline berbeda dengan data yang sebenarnya.

Tidak adanya peraturan yang mengatur tentang pencaloan, kurangnya ketegasan pihak bandara dalam memberantas calo ini, serta tidak adanya sangsi membuat calo – calo tersebut dapat dengan mudah beroperasi di bandara. Melihat dari masalah – masalah yang telah diuraikan diatas maka kelompok kami akan meneliti lebih lanjut mengenai calo ini dengan judul penelitian “ AnalisaPembelian Tiket Pesawat Melalui Calo di Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta ”

2.     Tujuan Penelitian

Penelitian ini dilakukan tentunya mempunyai tujuan yang diuraikan sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui proses pembelian tiket melalui calo
  2. Untuk mengetahui apakah menguntungkan atau merugikan bagi si calon penumpang jika membeli tiket melalui calo
  3. Untuk mengetahui berapa persen orang yang melakukan pembelian tiket melalui calo
  4. Untuk mengetahui berapa persen orang yang melakukan pembelian tiket tanpa melalui calo
  5. Untuk mengetahui solusi yang dilakukan untuk mengatasi masalah calo

3.    Target responden

Target responden dalam melakukan penelitian ini adalah calon penumpang atau masyarakat yang pernah menggunakan transportasi udara.

 4.    Pembagian Tugas Kelompok 8

Ketua             : Rusnah Indah Cahyati (224109310)

Membuat latar belakang penelitian, tujuan, target responden, serta kuesioner penelitian

Anggota         : Devi Kusuma Wardani (224109098)

Tugas : Membuat latar belakang penelitian, tujuan, target responden, serta kuesioner penelitian

 

Rina Nur Wijayanti (224109099)

Tugas : Membuat latar belakang penelitian, tujuan, target responden, serta kuesioner penelitian

 

Fitrio Apriliando (224109018)

Tugas : Membuat latar belakang penelitian, tujuan, target responden, serta kuesioner penelitian

 

Satu Balasan ke Analisa Pembelian Tiket Pesawat Melalui Calo di Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta

  1. Bagus mengatakan:

    Apa benar itu benar penelitianya ?????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: