Analisa Pembelian Tiket Pesawat Melalui Calo di Terminal 1 Bandara International Soekarno Hatta Jakarta (PART III)


Kelompok 8

Nama Ketua              : Rusnah Indah Cahyati     (224109310)

Nama Anggota         : Devi Kusuma Wardani     (224109098)

Rina Nur Wijayanti               (224109099)

Fitrio Apriliando                  (224109018)

Kelas ZU 09

Laporan Tugas Mandiri Ground Handling 2 :

  • Metode Penyebaran

Metode penyebaran kuesioner yang kelompok kami lakukan yaitu melalui jejaring sosial seperti melalui facebook, twitter, dan blackberry messager. Penyebaran kuesioner juga kami lakukan secara langsung dengan menggunakan media seperti tablet ipad, kami langsung menanyakan pertanyaan-pertanyaan kuesioner kelompok kami kepada koresponden dan langsung mengisi pada tablet ipad tersebut . Penyebaran kuisioner kelompok kami disebarkan setiap hari.

  • Target Kuesioner

Target kuesioner kelompok kami adalah masyarakat umum yang sudah pernah menggunakan jasa transportasi udara maupun yang belum pernah menggunakan jasa transportasi udara. Pembagian kelompok target koresponden adalah mahasiswa / mahasiswi, karyawan, pegawai negeri sipil, wirausaha, wiraswasta, dan lain – lain.

  1. Hambatan-hambatan dalam penyebaran kuesioner

Hambatan-hambatan kami dalam penyebaran kuesioner adalah:

ü  Kurangnya waktu dalam penyebaran kuesioner karena jadwal kuliah yang cukup padat sehingga kami hanya dapat melakukan penyebaran kuisioner pada saat waktu santai.

ü  Kami masih harus mengevaluasi kuesioner kami menjadi lebih singkat dan padat berdasarkan kritik dan saran dari responden.

ü  Jaringan internet yang kurang bersahabat cukup menyulitkan kami dalam menyebarkan kuesioner online tersebut.

ü  Banyak responden yang tidak memakai paket full service ketika diminta mengisi kuesioner melalui blackberry messager.

ü  Kondisi dan situasi yang tidak memungkinkan untuk melakukan investigasi sehingga rencana investigasi harus diundur.

  • Jumlah responden

Jumlah responden yang telah mengisi kuesioner kami hingga jum’at sore tanggal 30 Maret 2012 yaitu bertambah dari 157 responden menjadi 220 responden.

  • Laporan mingguan dan Hasil sementara

Pada minggu ini, kelompok kami lebih fokus dalam mempersiapkan untuk melakukan investigasi mengenai proses pembelian tiket pesawat melalui calo. Kami telah mempersiapkan dengan matang investigasi ini mulai dari rencana pembelian tiket nanti serta peralatan yang digunakan seperti spy camera. Rencananya kami akan melakukan investigasi di terminal 1 bandara internasional Soekarno Hatta pada tanggal 1 april 2012. Akan tetapi, dikarenakan tanggal tersebut bertepatan dengan adanya keputusan pemerintah yang merencanakan menaikkan harga BBM dan dikhawatirkan pada tanggal tersebut kondisi dan situasi di cengkareng memanas dan tidak kondusif, kami mengundur rencana ini hingga tanggal 6 april 2012. Kami juga berharap hasil investigasi kami nanti dapat memperlihatkan bagaimana proses pembelian tiket pesawat melalui calo yang dilakukan di lapangan.

Kami juga mengevaluasi kuesioner kami sebelumnya. Berdasarkan kritik dan saran yang kami terima dari banyak reponden, kami mengubah kuesioner kami menjadi lebih singkat dan padat, serta kami menambah pernyataan apakah si responden pernah menggunakan transportasi udara atau tidak.

Dari hasil sementara yang kami dapatkan sampai hari jumat sore tanggal 30 Maret 2012, jumlah responden yang kami dapatkan sebanyak 220 responden.

Hasil penyebaran kuesioner online yang kami lakukan menunjukan bahwa 87% responden tidak pernah membeli tiket pesawat melalui calo dan 13% responden pernah melakukan pembelian tiket pesawat melalui calo. Responden yang banyak mengisi kuesioner ini adalah kelompok mahasiswa dengan umur mulai dari 17 – 25 tahun.

Dari Summary of Responses menyatakan bahwa pada saat membeli tiket langsung kepada airline, penumpang diminta untuk menunjukkan KTP sebesar 68%, pada saat melakukan check in 70%, dan pada saat boarding 38% sehingga dapat disimpulkan pengawasan pihak bandara masih tergolong baik dalam mencegah masuknya penumpang yang memiliki tiket dengan data penumpang yang berbeda dengan fisiknya.

Menurut grafik diatas menyatakan bahwa menggunakan jasa calo sangat merugikan, sebesar 40% sangat tidak setuju dan 45% tidak setuju untuk pernyataan menggunakan jasa calo menguntungkan. Membeli tiket melalui calo juga mahal dibandingkan membeli melalui airline langsung, terbukti dengan jawaban sangat setuju sebesar 46% dan setuju sebesar 35%.

Menurut responden bahwa sebesar 52% mengatakan bahwa keberadaan calo ini sudah sangat mengganggu kenyamanan. Sebesar 35% menyatakan bahwa para calo ini dapat dengan leluasa berkeliaran di bandara internasional soekarno hatta sehingga jumlah calo inipun dapat dengan mudah bertambah, apalagi ternyata para calo ini mempunyai pas masuk yang dapat memudahkan mereka untuk keluar masuk bandara, hal ini dinyatakan dengan 31% setuju dengan pernyataan tersebut.

Untuk mengatasi masalah calo ini, responden menyatakan 26% setuju apabila pemerintah membuat peraturan yang mengatur tentang percaloan ini yang dapat dilihat pada grafik dibawah ini, sehingga para calo yang berkeliaran di bandara dapat diberikan sangsi yang tegas. Tidak hanya itu, penumpang yang menggunakan jasa calo juga harus diberikan sangsi yang tegas sehingga penyedia jasa yaitu calo serta pengguna jasa calo tidak lagi menjual dan membeli tiket secara ilegal, hal ini dibuktikan dengan 22% setuju akan hal tersebut.

  • Pembagian Tugas

v    Rusnah Indah Cahyati : Mengevaluasi kuesioner, membuat laporan tugas mingguan, membuat dan mengedit kuesioner dalam surveyonics, menyebarkan kuesioner, serta mempersiapkan rencana investigasi ke Terminal 1 Bandara International Soekarno Hatta.

v    Devi Kusuma Wardani : Mengevaluasi kuesioner, membuat laporan tugas mingguan, membuat dan mengedit kuesioner dalam surveyonics, menyebarkan kuesioner, serta mempersiapkan rencana investigasi ke Terminal 1 Bandara International Soekarno Hatta.

v    Rina Nur Wijayanti : Mengevaluasi kuesioner, membuat laporan tugas mingguan, membuat dan mengedit kuesioner dalam surveyonics, menyebarkan kuesioner, serta mempersiapkan rencana investigasi ke Terminal 1 Bandara International Soekarno Hatta.

v    Fitrio Apriliando : Mengevaluasi kuesioner, membuat laporan tugas mingguan, membuat dan mengedit kuesioner dalam surveyonics, menyebarkan kuesioner, serta mempersiapkan rencana investigasi ke Terminal 1 Bandara International Soekarno Hatta.

  • Link yang dapat dikunjungi

Jika anda tertarik untuk membantu penelitian mengenai calo ini, anda dapat mengunjungi link dibawah ini :

http://www.surveyonics.com/survey.aspx?sur=kF%2FP7Sqnq5g%3D

Suara anda sangat berharga sekali untuk melakukan perubahan dalam mengatasi masalah calo ini. Untuk yang telah berpartisipasi dalam mengisi kuesioner ini, kami mengucapkan banyak terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: