Analisa Pembelian Tiket Pesawat Melalui Calo di Terminal 1 Bandara International Soekarno Hatta Jakarta (8)


Kelompok 8

Nama Ketua              : Rusnah Indah Cahyati,    (224109310)

Nama Anggota         : Devi Kusuma Wardani     (224109098)

Rina Nur Wijayanti             (224109099)

Fitrio Apriliando                  (224109018)

Kesimpulan

Setelah kurang lebih selama 3 minggu kami melakukan survey online, serta kami menginvestigasi langsung ke lapangan, dan wawancara terhadap beberapa calo tiket pesawat di terminal 1 bandara International Soekarno-Hatta. Kemudian setelah selama 2 minggu kami menganalisa dan membahas dari hasil data yang kami peroleh, mengenai pembelian tiket pesawat melalui calo di terminal 1 bandara International Soekarno Hatta, maka kami menyimpulkan bahwa:

  • Proses pembelian tiket pesawat melalui calo sebenarnya tidaklah mudah. Hal ini disebabkan keberadaan calo yang sulit kami temui pada saat kami melakukan investigasi, serta penampilan calo yang sulit dibedakan diantara kumpulan para penumpang yang saat itu berada di terminal 1 bandara Soekarno Hatta. Hal yang masih sama terjadi di dalam proses pembelian tiket pesawat melalui calo adalah proses tawar menawar mengenai harga tiket yang akan dibeli oleh calon pembeli tiket dengan calo yang menjual tiket tersebut. Namun perbedaan yang terjadi di dalam pembelian tiket melalui calo saat ini adalah permintaan data diri penumpang yang dilakukan oleh calo, seperti KTP (kartu tanda penduduk) untuk dapat si calo tersebut melakukan reservasi di check in counter. Pada tanggal 1 Juni 2009, IATA telah memberikan mandat kepada semua anggotanya agar menggunakan e-tiket dalam segala bentuk transaksi. Disebabkan mayoritas airlines Indonesia menjadi anggota IATA, dengan demikian terjadilah penerapan perubahan penggunaan jenis tiket, yang pada awalnya menggunakan cover tiket kemudian menjadi e-ticket. Perubahan penggunaan e-ticket tersebut dilakukan untuk mempermudah penumpang pesawat dan diselaraskan dengan kemajuan teknologi yang sedang terjadi. Dari sisi airline sendiri perubahan penggunaan tiket sangat menguntungkan dikarenakan pengurangan biaya dalam hal pencetakkan tiket, dan keuntungan untuk penumpang dari terjadinya penerapan perubahan penggunaan jenis tiket adalah apabila si penumpang lupa membawa tiket maka si penumpang dapat mengprint kembali e-ticketnya.
  • Dari hasil survey online yang telah kami lakukan, bahwa pembelian tiket pesawat melalui calo sangat merugikan bagi penumpang pesawat yang membeli tiket tersebut. Sedangkan dari hasil investigasi langsung di lapangan dan wawancara terhadap calo tiket pesawat di terminal 1 bandara International Soekarno-Hatta yang kami lakukan bahwa dalam pembelian tiket pesawat melalui calo tidak sepenuhnya merugikan bagi calon penumpang yang membeli tiket pesawat melalui calo. Kerugian dari segi biaya yang harus dikeluarkan oleh calon penumpang yang membeli tiket melalui calo, dapat lebih mahal dibandingkan dengan membeli langsung di airline maupun di travel agent. Namun selain dari hal yang diatas, pembelian tiket pesawat melalui calo pun dapat memberikan keuntungan bagi calon penumpang. Keuntungan bagi calon penumpang yaitu para calo tersebut dapat membantu para pembeli tiket untuk melakukan reservasi keberangkatan calon penumpang pesawat, bagi para calon penumpang yang belum pernah melakukan perjalanan menggunakan pesawat. pembelian tiket pesawat melalui calo sangat membantu proses keberangkatan mereka di bandara. Bagi penumpang yang ingin melakukan keberangkatan secara mendadak menggunakan pesawat pada hari itu juga. Pembelian tiket pesawat melalui calo adalah cara yang paling sering terjadi dikarenakan mereka dengan mudah untuk mendapatkan tiket pesawat.
  • Penilaian orang terhadap citra diri para calo tiket pesawat berdasarkan hasil survey online menerangkan bahwa calo tiket pesawat itu banyak memberikan dampak negatif. Hal ini dapat diketahui dari hasil kuesioner yang menyatakan bahwa keberadaan calo tersebut mengganggu kenyamanan bagi para calon penumpang pesawat di terminal 1 bandara International Soekarno-Hatta. Selain itu, banyak responden yang menginginkan para calo tiket pesawat harus diberi sanksi. Tujuan dari pemberian sanksi kepada calo adalah untuk memberi rasa jera agar mereka tidak bekerja sebagai calo kembali.

 

Saran

  • Bagi masyarakat, jangan memberi penilaian negatif kepada calo tiket pesawat sebab calo tersebut juga membantuk proses reservasi keberangkatan calon penumpang bagi penumpang yang membeli tiket melalui calo dapat membantu orang yang belum pernah melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Sebaiknya masyarakat lebih baik membeli tiket pesawat melalui airlines atau travel agent sebab keselamatan mereka dapat dijamin oleh Airlines.
  • Bagi pemerintah: seharusnya membuat peraturan yang mengatur keberadaan calo. Dengan memberi kejelasan yang pasti status pekerjaan calo tersebut ilegal dan pemberian sanksi yang tegas apabila calo tersebut masih saja melakukan kegiatan pekerjaan tersebut.
  • Bagi pihak bandara: Melihat semakin banyaknya calo yang berada disekitar bandara seharusnya hal ini dapat menjadi sisi positif bagi mereka sebab mereka dapat membuat lapangan pekerjaan para calo tersebut berganti menjadi pekerjaan yang ilegal. Contoh jenis lapangan pekerjaan baru seperti membuat sub-divisi dari customer service yaitu ticket service. Ticket service berperan sebagai tempat pelayanan informasi mengenai seluruh jadwal penerbangan Airlines pada saat itu sehingga penumpang dapat memilih jadwal penerbangan yang diinginkan, memberikan informasi tingkatan harga tiket pesawat mulai dari terendah hingga tertinggi dan memberikan pelayanan reservasi tiket untuk semua Airlines.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: