Penambahan In-Flight Entertainment ?KenapaTidak?!


Kelompok 4

Dea Rivai Putra ( 224109324 )

Annisa Nindya Kusuma( 224109343 )

Irelda Verazty( 224109031 )

Ummi Ade Rocheni( 224109265 )

Kebutuhan akan transportasi udara semakin meningkat dikarenakan meningkatnya arus pergerakan orang dan barang akibat pertumbuhan globalisasi. Ditambah dengan fakta bahwa selama 7 tahun terakhir ini banyak bermunculan nama-nama perusahaan penerbangan, membuat persaingan terhadap jasa angkutan menjadi semakin ketat. Masing-masing perusahaan penerbangan harus mengerti sela yang dapat membuat mereka survive pada bisnis ini.

Banyaknya perusahaan penyedia jasa penerbangan membuat para calon penumpang disuguhkan pada banyaknya pilihan untuk memilih sebuah Airlines mana yang mereka percayai untuk dapat memenuhi kebutuhan masing masing aspek. Sebuah Airlines harus memiliki keunggulan kompetitif agar dapat menjadi “pemenang” pada sebuah kompetisi yang berjudul “perebutan perhatian calon penumpang”.

Selain faktor yang sangat mandatory bagi penyedia jasa angkutan manapun termasuk jasa angkutan udara yaitu safety, ada hal lainnya yang dapat ditingkatkan oleh penyedia jasa penerbangan. Kebutuhan akan kenyamanan dan pemenuhan kebutuhan akan hiburan selama di udara juga dapat menjadi salah satu alasan penumpang menjatuhkan pilihan pada Airlines yang mampu memberikan pemenuhan kebutuhan tersebut.

Gadget, internet dan hiburan menjadi bagian yang tak terpisahkan pada kebanyakan orang di era teknologi yang semakin canggih ini, dan tak terkecuali pada saat mereka berada dalam pesawat. Adanya peraturan untuk mematikan handphone selama penerbangan membuat kebebasan penumpang dibatasi. Padahal handphone yang mereka miliki dapat dikatakan sebagai sebagian dari hidup mereka. Internet, urusan pekerjaan yang tidak dapat ditunda, serta hiburan berada dalam ponsel mereka. Yang pada akhirnya hanyalah rasa bosan yang harus dihadapi penumpang selama dalam penerbangan.

Mengetahui hal tersebut, seharusnya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Airlines dan dijadikan sebagai peluang. Penambahan In-Flight Entertainment ? KenapaTidak?! Penyediaan layanan jaringan WiFi didalam pesawat, penyediaan hiburan onboard seperti musik dan games dapat disediakan oleh perusahaan penerbangan.

Hal yang sering dilakukan penumpang selama penerbangan hanya melihat awan-awan dalam kurun waktu yang tidak sebentar, mencari kesibukan untuk menghabiskan waktu hingga pesawat Landing di Destination. Terutama untuk penumpang yang berpergian sendiri kemudian mendapatkan seat tengah dengan kanan-kirinya merupakan orang yang tidak dikenal, membuat keberadaan penambahan in-flight entertainment ini dapat menjadi sebuah “Oase di padang pasir” yang ditujukan terutama kepada konsumen yang selalu menggunakan jasa Airlines.

Sudah dipastikan bahwa penambahan in-flight entertainment akan menaikkan cost pada upaya realisasinya. Seperti efek domino, kenaikkan cost ini juga akan berpengaruh kepada kenaikkan tarif yang akan dibebankan pada tiket pesawat. Namun adanya perbedaan tarif yang dikiranya tidak terlalu significant dengan kompetitor dianggap bukan menjadi masalah besar atau penghalang sebuah Airline dengan fasilitas yang telah di upgrade untuk mencapai keunggulan kompetitif.

Misalnya selling price per seat (harga jual per seat) menjadi lebih mahal  dibandingkan kompetitor lainnya to get some entertainment tools or gagdet, sebagai penunjang in-flight entertainment. Maka dapat dihitung selama kurun waktu 3-4 tahun akan menutupi pembelian tersebut. Karena dilihat dari sisi penumpang, perbedaan harga yang tidak terlalu significant tersebut tidak membuat penumpang keberatan untuk membayar karena sebanding dengan adanya hiburan dan kenyamanan selama penerbangan. Jika dilihat dari sisi perusahaan, keunggulan kompetitif ini dapat mendatangkan peningkatan penumpang dan pastinya kenaikan laba-pun menyertainya.

Jadi mengapa Airlines masih ragu dan takut untuk melakukan inovasi. Penambahan In-Flight Entertainment ?KenapaTidak?!

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: