laporan kuliah lapangan nurhamma


LAPORAN KULIAH LAPANGAN WAREHOUSING

NAMA : NURHAMMAH NIM : 2431.11.029 D3 GROUND HANDLING Pada tanggal 13 Mei 2012

saya bersama lima orang lainnya pergi ke gudang gapura dibawah bimbingan pak Eko Probo untuk kuliah lapangan mata pelajaran warehousing dari pukul 22.00-06.00 WIB dan saya beserta teman saya sampai di gudang gapura pada pukul 20.00 WIB. saya pun diberi sedikit penjelasan mengenai gudang oleh pak Firman beserta peralatan pendukungnya seperti forklift,handrolic dan pallet. Setelah itu karena di gudang gapura lagi sepi,saya beserta ke lima teman saya dipindahkan ke ruangan load control sekitar pukul 23.30 dibawah pengawasan pak Dadi,disana saya diajak mengelilingi bandara, diberi penjelasan tentang parking area,area bandara itu sendiri dan selanjutnya saya diajak masuk kedalam pesawat garuda. Kuliah lapangan yang kedua pada tanggal 20 Mei 2012, yang di mulai pukul 22.00-06.00 WIB ke gudang gapura,dan kembali gudang gapura lagi sepi.saya beserta teman saya pun di pindahkan lagi keruangan load control masih dibawah pengawasan pak Dadi.Disini kami dibagi menjadi dua kelompok saya dan hana ditempatkan diruangan flight operasional. c Di ruangan ini saya diajarkan cara penanganan pesawat yang berada di apron tetapi tidak secara mendetail,cara mengatur jadwal keberangkatan dan kedatangan pesawat terbang ,pesawat yang sedang delay maupun pesawat yang sudah siap take off,agar tidak terjadi kekacauan jadwal penerbangan dan tata cara meminta tempat parkir untuk pesawat memalui radio telephoni,tetapi pada saat itu system komputer sedang mati dan salah satu karyawan air asia datang keruangan flight operasional untuk meminta tempat parkir,karyawan yang berada di ruangan flight operasional pun memutar mutar tempat agar pesawat tersebut dapat tempat untuk parkir. Saya menyimpulkan diruangan ini para pekerja harus bisa berfikir dalam kondisi apapun harus tetap berkonsentrasi ,karena mereka harus bisa mengatur jadwal penerbangan yang segitu banyaknya di tambah lagi jika ada pesawat yang bermasalah seperti : * Pesawat rusak. * Pesawat yang delay. * Cuaca buruk. * Ketidak siapan para crew untuk terbang ,yang nantinya akan mengganggu jadwal penerbangan lain apalagi jika ada pesawat yang meminta stand parkir sedangkan tempat parkir sudah penuh,harus diputar sana sini dan terjadi nya traffic jam di bandara Jumlah pesawat tidak di imbangi dengan luas area parkir pesawat.

Tinggalkan Balasan

