Tanggapan Masyarakat Tentang Low Cost Carrier (LCC)


Nama Kelompok : 1. Ketua : Dimas Satrio Putra Gunawan (224108210)

                                     2. Mentari Noor (224110251)

Kelas : S1 MTU-A

Tugas : 1

LATAR BELAKANG

Manfaat dari transportasi udara adalah sarana untuk mencapai  tujuan dengan lebih cepat dan dapat mengangkut barang-barang yang sifatnya cepat rusak seperti  makanan karena jarak waktu yang ditempuh lebih singkat dibandingkan transportasi lainnya dan transportasi udara sangat berdampak bagi pertumbuhan ekonomi investasi internasional karena dapat mencapai negara-negara internasional. Namun dengan seiringnya waktu populasi penduduk sangat meningkat dan ini menjadikan persaingan bagi perusahaan-perusahaan penerbangan airlines dengan cara membuat strategi untuk menarik minat masyarakat. Sehingga menyebabkan adanya konsep “low cost carriers” (LCCs).

 Yang dimaksud dengan low cost carrier adalah strategi suatu perusahaan penerbangan dengan meminimalkan cost “harga” dengan mengurangi segala fasilitas yang ada, seperti menghilangkan cathering, tidak adanya tv/dvd di dlm pesawat, tidak adanya layanan ekstra lainnya.  Dan di dalam LCC juga hanya terdapat kelas ekonomi saja, tidak ada kelas bisnis ataupun VIP, karena  hanya menggunakan kelas ekonomi. Jarak bangku yang satu dengan yang lainnya juga saling berdekatan sehingga terasa tidak nyaman bagi penumpang pesawat tersebut.

Contoh perusahaan penerbangan yang menggunakan teori LCC  :

  • Lion air
  • Citylink
  • Batavia air
  • Adam air
  • Mandala air

Tujuan dari low cost itu sendiri untuk menciptakan segmen pasar yang terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya kalangan menengah kebawah dengan cara menekan biaya operasionalnya menjadi rendah tentu tanpa mengabaikan tingkat keselamatan dan pelayanan bandara.

Oleh karena itu, kami membuat judul “TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG LOW COST CARRIERS (LCCs)” dan melakukan survey kepada beberapa orang dengan tujuan agar mereka lebih mengenal lagi tentang teori layanan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: