MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT INTERAKSI AIRLINES (part 4)


Kelompok      : 10

Ketua            :  Rahmadya Karisma Haris (224110327)

–          Veronica (224110019)

–          Meyta Rezky S (224110101)

–          Sherly Septirani (224110224)

Kelas            :  ZU10

ANALISIS

Karakteristik Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

Berdasarkan hasil kuesioner, didapat data karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin. Sebanyak 38% responden adalah pria, sementara 62% adalah wanita. Meskipun wanita lebih banyak, tapi gap persentase bisa dibilang tidak terlalu jauh.

Karakteristik Responden Berdasarkan Usia

Berdasarkan hasil kuesioner, didapat data karakteristik responden berdasarkan usia. Sebanyak 80% responden berusia antara 18-25 tahun. Ini berarti, kebanyakan responden tergolong usia muda. Sebanyak 13% responden berumur 26-35 tahun. Sebanyak 4% adalah responden dengan usia dibawah 18 tahun. Sebesar 3% adalah responden berumur diatas 35 tahun.

Karakteristik Responden Berdasarkan Pekerjaan

Berdasarkan hasil kuesioner, didapat data karakteristik responden berdasarkan pekerjaan. Kebanyakan responden adalah mahasiswa dan atau pelajar dengan persentase 71%. Ini berarti dari populasi yang kami teliti sebagian besar pengguna internet dan pengakses media sosial adalah mahasiswa dan atau pelajar. Sebesar 25% responden memiliki pekerjaan sebagai karyawan swasta.  Responden yang memiliki pekerjaan sebagai pegawai negeri sebesar 3% dan sisanya sebesar 1% memiliki pekerjaan lainnya.

Dari data yang kami dapatkan bahwa intensitas penggunaan internet oleh responden kami sebesar 55% menyatakan sangat sering menggunakan internet, dilanjutkan dengan responden sebesar 35% menyatakan sering menggunakan internet. Responden yang jarang menggunakan internet hanya sebesar 9%, dan tidak ada responden yang tidak pernah menggunakan internet. Data lainnya yang kami dapatkan dari hasil kuesioner yang kami sebarkan menyatakan kegiatan mengakses dan mencari informasi tentang airlines melalui internet menunjukan perbedaan yang relatif besar yaitu 88%  responden menyatakan pernah mengakses atau mencari informasi tentang airlines sedangkan 12% menyatakan tidak pernah mengakses atau mencari informasi. Data ini sesuai dengan penelitian kami bahwa penggunaan internet untuk pencarian informasi tentang airlines sangat sering dilakukan.

Menganalilis variable technology dari hasil pengolahan data untuk item pertanyaan ke-1, 2 dan 3 didapatkan data bahwa para responden sering mengakses internet dan pernah mencari informasi tentang airlnes menggunakan internet, serta akun sosial media yang digunakan oleh responden untuk mengakses informasi tentang airlines: Website airline adalah media terbanyak yang dipilih dan digunakan responden dengan persentase sebesar 80%. Twitter digunakan sebagai media sosial dimana responden menggunakan media ini untuk mengakses informasi tentang airlines dinyatakan dalam persentase 17%, sedangkan facebook digunakan oleh 3% responden.

Pencarian informasi melalui media sosial dinilai mudah dilakukan, hal ini dikarenakan media sosial sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, terutama kalangan usia muda yang dengan mudah dapat mengakses melalui gadget yang dimiliki.

Menganalilis variabel people dari hasil pengolahan data untuk item pertanyaan ke-4 tentang pemberian informasi terkini oleh admin media sosial, pertanyaan 5 tentang respon admin, dan pertanyaan 8 tentang bahasa yang digunakan admin dalam menanggapi costumer didapatkan bahwa responden setuju admin social media selalu memberikan informasi terkini dan mampu menanggapi permasalahan, saran, dan keluhan costumer dan juga menggunakan bahasa yang sopan dengan masing-masing persentase melebihi 50%. Angka ini masuk dalam kategori baik.  Tetapi dari pertanyaan ke-6 dan 7 variabel people didapatkan bahwa sebesar 58% responden menyatakan admin tidak selalu merespon dan membalas pertanyaan dari costumer, juga sebesar 68% responden menyatakan bahwa admin lambat dalam membalas pertanyaan dari costumer. Hal ini berarti bahwa admin merespon dan menanggapi costumer walaupun tidak semua saran, pertanyaan, ataupun keluhan ditanggapi dengan cepat.

Menganalilis variabel process dari hasil pengolahan data untuk item pertanyaan ke-9, 10, dan 11 tentang penilaian penggunanaan media sosial, informasi yang dicari tentang airlines dan opini customer tentang informasi yang berikan. Didapatkan hasil bahwa responden menilai media sosial merupakan media yang cukup efektif bagi airlines untuk memberikan informasi. Informasi yang paling banyak dicari oleh responden adalah : promo sebesar 51%, dilanjutkan dengan informasi tentang harga tiket dengan presentase 35%, jadwal dan rute sebesar 14%.  Responden menilai bahwa informasi yang diberikan melalui media sosial sangat membantu, hal ini ditunjukkan dengan adanya prosentase sebesar 90%.

Kolerasi antara variabel people, process dan technology

Dari hasil yang kami kumpulkan, terlihat bahwa terdapat hubungan antara people, process dan technology. Hal itu terlihat dari respon yang baik dari admin melalui media sosial dapat mempengaruhi keputusan customer untuk melakukan pembelian dan menjadikan airlines tersebut sebagai preferensi customer. Penggunaan technology; internet dan media sosial yang mudah diakses melalui gadget membuat customer lebih mudah dalam melakukan pencarian informasi tentang airlines. Walaupun dengan data sebesar 59% responden tidak melakukan pencarian informasi secara berkala, namun sebesar 61% responden melakukan pembelian dan 67% menjadikan airlines tersebut sebagai preferensi.

Keputusan melakukan pembelian

Keputusan menjadikan airline sebagai preferensi

Sehingga dapat dilihat bahwa ketiga variable tersebut saling berhubungan antara satu dan lainnya dan memberikan pengaruh kepada keputusan konsumen dalam melakukan pembelian yang berdampak dengan timbulnya loyalitas pelanggan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: