PENGARUH E-TICKET TERHADAP EKSISTENSI CALO TIKET DI BANDARA


Kelompok 6

Ketua             :           Fitriyanti                                 224110100

Anggota         :          Rantih Lenggo Geni            224110018

Indah Nurbaiti                      224110196

Mentari de tanzil                  224110102

Kelas              :           ZU 2010

Tugas             :           5

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan

Selama kurang lebih 2 minggu kami melakukan survey online, dan melakukan wawancara langsung terhadap para calo yang ada di Bandara Soekarno Hatta tepatnya diterminal 1C. Setelah itu kami menganalisis data yang kami dapat. Pertanyaan yang dapat mewakili kesimpulan kami yaitu:

Dari 72 responden yang menjawab pertanyaan kami  sebanyak 62 orang yang mengatakan kalau mereka tidak pernah membeli tiket melalui calo dan sebanyak 10 orang yang menyatakan kalau mereka pernah membeli tiket melalui calo.

Dan sebanyak 64 orang yang menyatakan bahwa mereka  tahu mengenai pemberlakuan mengenai e-ticket dan sebanyak 8 orang yang menyatakan tidak tahu mengenai e-ticket. Kami pun dapat menyimpulkan:

Ä   Hanya sebagian orang yang lebih memilih membeli tiket melalui calo. Rata-rata orang-orang tersebut memang tidak suka dengan prosedur yang ada di dalam e-ticket yang membingungkan dan tidak ada waktu untuk melakukan reservasi secara langsung ke pihak airline, atau mereka sedang terburu-buru ingin melakukan penerbangan sehingga membeli tiket melalui calo.

Ä   Keberadaan akan adanya calo tiket memang mengganggu ketertiban yang ada di bandara. Akan tetapi sebaiknya kita tidak terlalu berfikir negatif terhadap profesi calo tersebut. Bukan salah mereka  apabila mereka menjadi calo tapi karena kebutuhan hidup yang makin lama makin susah dalam pemenuhannya. Transaksi yang mereka lakukanpun tidak bersifat memaksa.

Ä   Pada tanggal 1 Juni 2009 IATA telah memberitahukan kepada setiap perusahaan penerbangan yang menjadi angggotanya untuk memberlakukan e-ticket dalam semua transaksi. Hal tersebut tentu akan lebih memudahkan para konsumen dalam memesan tiket. Karena calon penumpang tidak perlu mengunjungi secara langsung counter airlines. Dengan adanya hal tersebut  para penumpang nantinya akan lebih memilih memesan melalui e-ticket dari pada melalui calo.

Saran

Ä   Untuk para pengguna jasa penerbangan

Apabila akan melakukan penerbangan diharapkan untuk membeli tiket  dengan pemesanan secara langsung ke counter airlines atau melalui travel agent. Jangan membeli tiket melalui calo, harga yang ditawarkan relatif lebih mahal dari harga yang sebenarnya dan tidak terjamin dalam hal asuransi apabila terjadi suatu kejadian. Berbeda dengan membeli tiket melalui counter resmi airlines, travel agent atau memesan melalui e-ticket.

Ä   Untuk para calo tiket

Pekerjaan yang mereka lakukan sebenarnya tidak merugikan pihak konsumen. Pada saat-saat tertentu memang para konsumen membutuhkan calo tiket. Transaksi yang mereka lakukan tidak bersifat memaksa konsumen. Namun setidaknya apabila masih bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih tetap itu akan lebih baik. Atau beralih profesi dari calo tiket kemudian membuat travel agent, tentu hal tersebut akan lebih berguna.

Ä   Untuk pihak keamanan yang ada di bandara

Keberadaan para calo memang bersifat ilegal dan melanggar peraturan. Seharusnya pihak keamanan yang ada di bandara melakukan sweeping secara rutin. Tidak hanya menasihati calo yang tertangkap apabila sedang melakukan transaksi akan tetapi memberikan penyuluhan agar mereka jera. Bagaimanapun dengan adanya keberadaan calo akan memperburuk citra sistem keamanan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: