Peranan Keberadaan Incoming Domestik di PT Gapura Angkasa


Kelompok

Riris Budi Asmiarti 243111021 (ketua)

Vega Welingutami 243111004

Rahmina Lestari 243111007

Hervika Okky Caroline 243111025

Bab III

SDM (Sumber Daya Manusia)

Dalam sebuah perusahaan harus memiliki sumber daya manusia untuk menjalankan kegiatan untyuk mencapai tujuan organisasi tersebut.untuk itu, diperlukan adanya stuktur organisasi untuk memudahkan perusahaan dalam melakukan sebuah pekerjaan yang sesuai dengan tugas pekerjaan masing-masing adapun pengertian mengenai struktur organisasi adalah susunan komponen (unit-unit) dalam organisasi yang menunjukkan adanya pembagian kerja dan menunjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi).

Di PT Gapura Angkasa bagian domestik grup 2, memiliki 12 staf termasuk didalamnya seorang supervisior yang membawahi seorang leader dan staf lainnya. Pada acceptance domestik outgoing terdiri dari 7 orang yang terbagi dalam 3 posisi yaitu kasir, acceptence, dan build up. Sedangkan di incoming domestik terdiri dari 3 orang yang dibagi menjadi 2 bagian yaitu bagian acceptence 1 orang dan checker in 2 orang.

Para staf harus bekerja sesuai dengan work instruction yang berlaku. Bagian acceptance bertugas melayani orang yang hendak mengambil barang di gudang incoming dan membuat pembukuan terhadap barang yang masuk di gudang incoming serta manifest dan SMU nya agar orang dapat mengetahui apakah barang tersebut sudah ada di gudang atau belum. Sedangkan dibagian checker in bertugas mengecek kondisi barang dan kelengkapan dokumen serta mencocokan data barang dengan manifest.

Rata-rata staf di PT Gapura Angkasa bagian gudang domestik incoming lulusan SMA sederajat dan sarjana. Kebanyakan dari mereka bekerja karena terbiasa melakukan hal tersebut setiap hari. Dengan jumlah staf yang sedikit di bagian incoming domestik, mereka dapat bekerja sama dengan antara satu sama lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: